SosialTabanan

Perumda TAB Siagakan 2 Unit Mobil Tanki Air Bersih Selama Kemarau Panjang

    TABANAN, Kilasbali.com – Perusahaan Umum Daerah Tirta Amerta Buana (Perumda TAB) menyiapkan dua unit mobil tanki air bersih untuk mengantisipasi gangguan layanan yang terjadi akibat dampak musim kering berkepanjangan.

    “Jika (gangguan) memang signifikan sampai berhari-hari, lebih dari 24 jam saja, mobil sudah kami siapkan,” jelas Humas Perumda TAB I Wayan Agus Suanjaya, Jumat (3/11).

    Ia menjelaskan, satu unit mobil tanki tersebut berkapasitas empat kubik atau empat ribu liter air bersih.

    Sehingga dengan dua unit mobil tanki yang disiagakan ada delapan ribu liter air bersih yang disiapkan bila terjadi gangguan dan kebutuhan air bersih dari pelanggan.

    Baca Juga:  Posyandu Kesehatan Jiwa Desa Suwat Gianyar

    “Mobil tanki sudah kami siapkan. Namun, sejauh ini belum ada permintaan (layanan),” ungkapnya.

    Agus Suanjaya menjelaskan, keberadaan dua unit mobil tanki air bersih tersebut akan disiagakan sepanjang musim kemarau panjang.

    Apalagi menurutnya, musim kemarau panjang kali ini cukup memberikan pengaruh bagi produktivitas air bersih di beberapa tempat. Yakni dengan menurunnya debit air pada sumber bahan baku air bersih.

    Baca Juga:  Badung Daerah Tourism, Begini Pesan Sekad Badung Adi Arnawa

    Ia mencontohkan pada sumber air bersih di Mekori, Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan yang mengalami penurunan debit antara lima sampai sepuluh persen dari kapasitas normal.

    Penurunan tersebut mengakibatkan tekanan air pada saat jam puncak menjadi berkurang. Sehingga sekitar 300 sampai 400 orang pelanggan merasakan dampaknya.

    “Untuk itu kami juga mengimbau agar mengantisipasi gangguan pada jam puncak ini. Yakni dengan menampung air secukupnya. Karena di jam puncak, pemakaian air secara berbarengan menimbulkan terjadinya penurunan tekanan,” tukasnya. (c/kb)

    Back to top button