Seni BudayaTabanan

Suka Cita HUT Ke-530 Kota Singasana Tabanan

    TABANAN, Kilasbali.com – Ribuan masyarakat Tabanan memadati area Taman Bung Karno Tabanan, menyambut penuh suka cita Pembukaan Perayaan HUT Ke-530 Kota Tabanan yang dibuka secara langsung oleh Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya bersama istri, Rai Wahyuni Sanjaya beserta jajaran.

    Pembukaan ditandai dengan pelepasan 530 balon dan melepas burung merpati sebagai lambang keselarasan dan keharmonisan Kota Tabanan, Sabtu (4/11).

    Kegiatan yang dimulai sejak pukul 06.00 pagi dirangkaikan dengan berbagai hiburan menarik dengan konsep kebersamaan. Mengusung tema “Paduraksa Jayaning Singasana” yang berarti Bersatu Padu Mewujudkan Kemakmuran Tabanan Menuju Kota Singasana Yang Aman, Unggul, Madani (AUM), yang mana puncak HUT Kota pada 29 November 2023 mendatang.

    “Perlu saya sampaikan, bahwa peringatan HUT Kota Tabanan ke-530 ini merupakan tonggak bagi kita semua untuk membangkitkan semangat gotong-royong dan rasa gembira dalam melaksanakan tugas dan kewajiban kita dalam membangun Tabanan yang kita cintai. Sebagai tema yang diusung tahun ini, yaitu ‘Paduraksa Jayaning Singasana’, semakin membuat kita yakin, bahwa kita sebagai pemilik rumah kita sendiri,” ujar Bupati Sanjaya.

    Baca Juga:  Masuk Jalan Turunan-Oleng, Truk Boks Masuk ke Jurang

    Turut hadir Tjokorda Anglurah Tabanan, Wakil Bupati Tabanan beserta Ibu, Ketua DPRD Tabanan diwakili salah satu anggota DPRD, jajaran Forkopimda Tabanan, Sekda para Asisten dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemkab Tabanan. Berbagai hiburan menarik pun ditampilkan guna penyambutan, seperti Beleganjur, Joged, Senam Sicita, hingga Gerak Jalan Santai dan pengundian doorprise yang diikuti dari awal sampai akhir oleh Bupati Sanjaya beserta Rai Wahyuni Sanjaya dan jajaran, berikut dihibur oleh para Artis Bali.

     

    Paduraksa Jayaning Singasana itu sendiri juga dapat diartikan secara harfiah yaitu bagaimana pemerintah dan masyarakatnya bisa bersatu padu dengan tiga konsep dasar, yaitu Pade Eling (rasa peduli), Pade Liang (rasa gembira) Pade Gelahan (rasa memiliki) dalam rangka mencapai kejayaan bersama. Yang terbukti melalui pembukaan HUT Kota ini melibatkan berbagai elemen masyarakat, berbagai hiburan hingga melibatkan puluhan pelaku UMKM di bidang kuliner.

     

    Sanjaya menjelaskan, tiga pilar itulah yang ingin dibangun dalam kehidupan masyarakat di Kabupaten Tabanan, di mana pada akhirnya juga sebagai upaya mencapai Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani. Untuk itu, di kesempatan ini, Sanjaya minta kepada seluruh masyarakat di Kabupaten Tabanan, bersama-sama bergembira menyambut perayaan HUT Kota. Jadikan perayaan ini adalah perayaan masyarakat, bukan untuk kelompok semata dan dengan harapan, perayaan ini juga bisa digunakan untuk mempererat rasa untuk menciptakan kehidupan yang harmoni dalam bermasyarakat.

    Baca Juga:  Paiketan Bendesa Adat Se-Kerambitan Pertanyakan BKK Desa Adat Belum Cair

     

    Melalui wawancara singkat, pemimpin daerah kebanggaan Tabanan itu menjelaskan, keseluruhan kegiatan ini, tujuannya adalah untuk mewujudkan Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani.

    “Di mana kita mencoba, meluapkan hati masyarakat Tabanan, dari anak sampai orang tua, semua riang gembira. Inilah tema kita, Paduraksa, artinya pemerintah mengayomi masyarakat, masyarakat Ngewangiang pemerintahnya. Ini antara di atas dan di bawah sudah harmonis. Mudah-mudahan dengan harmonisasi pemerintah dan masyarakat akan bisa mewujudkan Tabanan yang Aman, Unggul dan Madani, Kompak selalu masyarakat Tabanan,” harapnya penuh semangat.

     

    Lebih lanjut, Bupati beserta Bunda Rai selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, berkeliling dan meninjau beberapa stand dari 38 stand kuliner yang turut meramaikan pembukaan HUT Kota pagi itu. Pihaknya sangat mengapresiasi semangat para pelaku IKM dan UMKM dalam mengikuti rangkaian kegiatan HUT Kota. Bagi Sanjaya, ini menjadi salah satu kebangkitan ekonomi di Tabanan. Dirinya juga sempatkan mengobrol santai dan berfoto selfie dengan warga sekitar.

    Baca Juga:  Badung Daerah Tourism, Begini Pesan Sekad Badung Adi Arnawa

     

    Salah satu masyarakat sebagai pelaku UMKM yang ditemui di lokasi saat itu menyampaikan ungkapan terima kasih sekaligus harapannya terhadap giat jual dan promosi yang disediakan oleh Pemerintah. “Sangat bagus sekali acaranya, karena bisa mengembangkan usaha kita di sini dan juga sambil promosi. saya terima kasih selalu diberikan kesempatan dalam memeriahkan acara di Tabanan” Sebut Pebisnis muda berusia 26 tahun bernama Sinta saat itu. Momentum event di Tabanan, terbukti mampu menjadi wadah bagi masyarakat, untuk mengembangkan usaha dan sebagai bentuk perhatian Pemerintah yang senantiasa memberikan fasilitas, bagi kebangkitan ekonomi di Tabanan. (m/kb)

    Back to top button