PolitikTabanan

Satpol PP Tabanan Tertibkan Baliho atau Spanduk Caleg Pemilu 2024

    TABANAN, Kilasbali.com – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Tabanan mulai menertibkan baliho atau spanduk calon legislatif (caleg) peserta Pemilu 2024, Selasa (7/11).

    Penertiban tersebut dilakukan untuk menindaklanjuti hasil koordinasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan partai politik atau parpol peserta Pemilu 2024.

    Selain itu, penertiban ini juga untuk menjalankan ketentuan Perda Nomor 5 Tahun 2023 tentang Ketertiban Umum.

    “Kegiatan ini mengacu pada imbauan dari Bawaslu untuk menjaga kondusifitas dan menyesuaikan dengan tahapan Pemilu 2024,” jelas Kepala Satpol PP Tabanan, I Gede Sukanada.

    Baca Juga:  Seminggu Operasi Patuh Agung 2024, 90 Pelanggaran Terekam di Tabanan

    Sebagai awalan, penertiban dilakukan di simpang kantor DPRD Tabanan, Banjar Sanggulan, Desa Banjar Anyar, Kecamatan Kediri. Di lokasi tersebut ada delapan baliho dan dua spanduk yang diturunkan.

    Penurunan baliho dan spanduk caleg ini masih akan berlanjut esok hari, Rabu (8/11), di simpang Dakdakan, Jalan Ahmad Yani, Bypass Ir Soekarno, hingga simpang tugu Adipura.

    Bahkan tidak menutup kemungkinan rute penertiban akan dilanjutkan hingga Jalan Gatot Subroto, Jalan Pahlawan, Jalan Gajah Mada, dan sekitarnya.

    Baca Juga:  Buka Suara Festival, Sekda Tabanan Sebut Nuanu Jadi Daya Tarik Wisata Baru

    “Kami sepakat menjadikan Kabupaten Tabanan zona hijau yang aman dalam hajatan pemilu. Selain itu, terkait HUT Kota Tabanan, bagaimana menjaga keamanan dan kenyamanan,” ujarnya.

    Baliho maupun spanduk yang diturunkan dalam kegiatan ini akan dititip sementara di kantor Satpol PP. Sehingga pemiliknya masih bisa memanfaatkannya kembali.

    Sukanada menjelaskan, pihaknya berharap penurunan tersebut sekiranya bisa dilakukan secara mandiri. Baik oleh parpol maupun caleg.

    Baca Juga:  DPC PDIP Tabanan Usulkan Pemecatan Mulyadi

    Terlebih, keberadaan baliho dan spanduk caleg tersebut sudah dikeluhkan karena beberapa di antaranya ada yang menghalangi rambu lalu lintas.

    Ia menambahkan, KPU Tabanan saat ini sedang Menyusun zona pemasangan alat peraga kampanye. Baik itu dalam bentuk baliho atau spanduk.

    Sehingga, sambungnya, penurunan baliho maupun spanduk saat ini masih mengacu pada imbauan Bawaslu dan Perda Nomor 5 Tahun 2023.

    “Untuk zona (alat peraga kampanye) mengacu pada keputusan KPU yang masih berproses,” tukasnya. (c/kb)

     

    Back to top button