Denpasar

Program dan Strategi Evualasi Implementasi Smart City Kota Denpasar

    DENPASAR, Kilasbali.com – Kota Denpasar terus berupaya mempersiapkan diri menjadi Smart City dengan beberapa komponen di dalamnya. Paparan mengenai implementasi program Smart City Kota Denpasar ini disampaikan oleh Wakil Walikota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa secara daring, di hadapadan para Panelis Evaluasi Smart City, di Kantor Walikota Denpasar, Senin (13/11).

    Arya Wibawa menguraikan, berbagai strategi dan inovasi telah dilaksanakan Pemkot Denpasar dalam mewujudkan Denpasar Smart City, termasuk di dalamnya program unggulan, meliputi Smart Governance, Smart Living, Smart Society, Smart Economy, serta Smart Environment.

    “Terdapat beberapa langkah yang kita tempuh. Yakni, kewenangan oleh support regulasi, sumber daya fisik dan non fisik, anggaran pembiayaan, sinergi dan kolaborasi berbasis penta helix, serta budaya Bali yang ditujukan kepada kemanfaatan masyarakat,” katanya.

    Arya Wibawa menambahkan, dalam melaksanakan roda pembangunan dan pemerintahan, Kota Denpasar senantiasa bergerak dalam Visi “Kota kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju”.  Denpasar Smart City merupakan konsep dalam menjadikan Denpasar yang cerdas dalam pengembangan dan pengelolaan berbagai sumber daya.

    Baca Juga:  Indonesia Cetak Berbagai Rekor di WWF ke-10

    “Inovasi yang telah kami kembangkan di Kota Denpasar terkait keenam dimensi smart city, yang mana semuanya bermuara pada upaya kami dalam mewujudkan pemerintahan yang responsif, transparan, informatif, memberikan kemudahan dan juga kenyamanan, serta mencapai kemanfaatan masyarakat atau public value yang tercermin dari kepuasan masyarakat Kota Denpasar dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat Kota Denpasar,” jelasnya.

    Baca Juga:  Libatkan Wisatawan Asing, Griya Santrian Lepas 52 ekor Tukik

    Kepala Diskominfos Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Adhi Merta, menuturkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi, digunakan dalam upaya pelayanan publik serta mendukung pembangunan yang berkelanjutan.

    “Untuk mewujudkan Denpasar smart city kami telah menyiapkan beberapa program dan kegiatan, yang dalam hal ini dilaksanakan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah sesuai dengan kewenangannya,” jelasnya.

    Baca Juga:  Libatkan Wisatawan Asing, Griya Santrian Lepas 52 ekor Tukik

    Untuk mencapai Smart City, Alit Adhi Merta menyatakan terdapat beberapa rencana aksi yang sudah dan akan dilaksanakan yakni peningkatan sumber daya manusia, pengembangan infrastruktur, pengembangan aplikasi serta literasi smart city.

    “Dalam upaya mewujudkan Smart City, kami juga telah membentuk Dewan Smart City yang terdiri dari beberapa jajaran di Pemkot Denpasar, dengan penertiban SK Walikota Nomor

    188.45/1657/HK/2019. Berkaitan dengan ini, para anggota juga intens melakukan FGD dan juga terlibat dalam kegiatan berbasis Teknologi Informasi Komunikasi, guna semakin mempertajam realisasi Denpasar Smart City,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button