PemerintahanTabanan

Infrastruktur Jalan Masih Jadi Program Prioritas Jaya-Wira di 2024

    TABANAN, Kilasbali.com – Perbaikan infrastruktur jalan masih menjadi prioritas program pasangan Bupati dan Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya-I Made Edi Wirawan, sepanjang 2024 mendatang.

    Proritas tersebut diungkapkan Sanjaya usai menghadiri sidang paripurna penetapan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) 2024 di DPRD Tabanan, Selasa (14/11).

    “2024 tetap menuntaskan infratruktur, terutama jalan, yang lagi empat persen itu. Itu sudah jadi komitmen perjalanan lima tahun Jaya-Wira,” tegasnya.

    Selain jalan, prioritas lainnya adalah membangun fasilitas umum seperti perkantoran atau fasilitas lainnya yang menjadi kebutuhan publik.

    Baca Juga:  Masuk Jalan Turunan-Oleng, Truk Boks Masuk ke Jurang

    “Dan kemudian membangun sektor pertanian untuk menunjang ketahanan pangan sesuai arahan pemerintah pusat,” tukasnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPRPKP) Tabanan I Made Dedy Darmasaputra menjelaskan, empat persen jalan yang rusak itu memiliki panjang kurang lebih 38 kilometer.

    “Kurang lebih 38 kilometer yang tersisa dan termasuk rusak berat,” jelasnya.

    Baca Juga:  UNESCO Tetapkan Subak Bengkel Sebagai Demo Site Ecohydrology

    Ia menjabarkan, 38 kilometer jalan rusak berat itu terdiri dari 12 ruas jalan yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Tabanan.

    Beberapa ruas jalan yang masuk kategori rusak berat itu antara lain ruas jalan Lalanglinggah-Pegebegan di Selemadeg Barat, Penebel-Cepag di Kecamatan Penebel, dan Belimbing-Karyasari di Kecamatan Pupuan.

    “Itu yang saya ingat. Kurang lebih 12 ruas. Sisanya (rusak berat) kecil-kecil. Targetnya tuntas di 2024.
    Sisanya perawatan dan tahun depan dipetakan lagi,” pungkasnya. (c/kb)

    Back to top button