GianyarPolitik

H-1 Masa Kampanye Bawaslu Patroli Marathon

    GIANYAR, Kilasbali.com – Memastikan tahapan masa Kampanye Pemilu 2024 berjalan lancar, Bawaslu Gianyar gelar patroli pengawasan secara marathon ke seluruh wilayah. Antisipasi, rebutan pemasangan Alat Peraga Kampanye (APK) yang dinilai paling strategis pada zona yang sudah ditentukan.

    Ketua Bawaslu Gianyar, I Wayan Hartawan, Senin (27/11) mengungkapkan, tahapan kampanye dilaksanakan mulai tanggal 28 Nopember 2023 hingga 10 Februari 2024.

    Selama masa kampanye pihak pun sudah menyiapkan petugas dengan melibatkan seluruh jajaran pengawas sampai ke tingkat desa.

    “Dalam kegiatan ini, kami mengatensi dan melakukan pengawasan serta pencegahan potensi pelanggar pada tahapan kampanye,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Nyoblos di Pelaga, Begini Pesan dan Harapan Giri Prasta

    Diakuinya, titik rawan kerap terjadi di waktu awal. Dimana Selasa (28/11) dimulai Pukul 00.00 Wita. Ini artinya Senin malam hingga tengah malam berpotensi terjadi perebutan lahan pemasangan alat peraga kampanye.

    “Kami antisipasi pemasangan sebelum Pukul 00.00 wita. Dan yang tak kalah pentingnya, adanya penentuan tempat pemasangan APK krang ini KPU Gianyar menetapkan satu zona pemasangan (APK). Ini bisa saja calon saling mendahului memasang baliho di zona tertentu,” tegasnya.

    Ditekankan pula secara umum larangan pemasammbgan APK juga tetap merujuk padaPerda nomor. 15 tahun 2015 tentang ketertiban umum.

    Baca Juga:  NasDem Tabanan Tidak Kebagian Kursi DPRD di Pemilu 2024

    Dimana tempat perkantoran pemerintah, fasilitas umum, tempat pendidikan, tempat ibadah dan yang lainnya wajib steril. Sementara di tempat pribadi tidak ada pelarangan sepanjang ada izin pemiliknya.

    Secara niskala, tambahnya, Bawaslu Gianyar juga melaksanakan persembahyangan bersama d Pura Besakih. Memohon agar pelaksanaam pemilu dapt berjalan dengan tertib, lancar kondusif dan sejuk.

    Serta seluruh stockhoder dianugerahi kesehatan dalam menjalan swadarmanya masin- masing.

    Baca Juga:  Bau Tak Sedap dan Kumuh, DLH Sidak Usaha Jual Ayam Potong

    “Kami juga melaksanakan apel siaga pengawasan, melibatkan seluruh jajaran untuk memperkuat soliditas, satu langkah dan satu pemahaman dalam pengawasan kampanye hingga memasuki hari tenang. Kami memastikan pengawasan pemilu sudah siap hingga pelantikan calon terpilih,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button