GianyarPolitik

Awali Masa Kampanye, Bawaslu Gianyar Gelar Apel Siaga

    GIANYAR, Kilasbali.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gianyar bersama Jajaran Pengawas Pemilu dari tingkat Desa sampai dengan tingkat Kabupaten se- Kabupaten Gianyar memadati lapangan Astina Jaya Blahbatuh untuk melakukan Apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu Tahun 2024, Senin (28/11).

    Dihadiri oleh Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Putu Agus Tirta Suguna, Perwakilan dari Polres Gianyar, Perwakilan dari Kejaksaan Negeri Gianyar dan Perwakilan dari Kesbangpol Gianyar, kegiatan apel Siaga Pengawasan Tahapan Kampanye Pemilu 2024 merupakan bentuk kesiapan Pengawas Pemilu se-Kabupaten Gianyar untuk melakukan Pengawasan Pemilu, khusunya tahapan tahapan Kampanye yang akan dimulai hari in, tanggal 28 Nopember 2023 s.d 10 Pebruari 2024.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar, yang pada kesempatannya bertindak sebagai Pembina Apel menyerukan kepada seluruh jajaran Pengawas Pemilu se-Kabupaten Gianyar untuk melakukan pengawasan dengan maksimal seperti yang sudah di ikrarkan saat pelantikan jajaran Pengawas Pemilu.

    “Lakukan pengawasan dengan maksimal, seperti yang sudah kita ikrarkan dan kita komitment kan bersama, sekarang lah saatnya untuk membuktikan komitment yang telah kita ucapkan,” lantang Hartawan di hadapan seluruh peserta apel yang hadir.

    Baca Juga:  Polisi Gunakan Metal Detector untuk Amankan Pleno Pemilu 2024 di Tabanan

    Pejabat asal Kabupaten Gianyar tersebut juga menegaskan bahwa pada tahapan kampanye saat ini marwah Bawaslu diuji, dengan diperhatikannya sejauh mana jajara Bawaslu dapat melakukan pengawasan, mengingat pendeknya tahapan kampanye pada pemilu 2024 ini.

    “Saat tahapan kampanye ini, marwah Bawaslu diuji dengan diperlihatkan sejauh mana jajaran Bawaslu dapat melakukan pengawasan dengan masa kampanye yang pendek ini, tentu semua peserta Pemilu akan memaksimalkan waktu tersebut untuk melakukan kampanye,” tegas Hartawan.

    Terlebih lagi dirinya memastikan bahwa mulai hari ini 28 Nopember dari jam 00.00 peserta Pemilu sudah melakukan pergerakan dengan pemasangan Alat Peraga Kampanye, oleh karena itu Ia menginginkan agar jajaran Bawaslu Gianyar sudah siap untuk melakukan Pengawasan lengkap dengan sarana prasarana yang digunakan untuk melakukan pengawasa.

    Baca Juga:  Isu Begal Marak Resahkan Warga, Polsek Blahbatuh Gencarkan Patroli

    “Saya sudah pastikan, mulai tanggal 28 pukul 00.00 dini hari, peserta pemilu sudah melakukan pergerakan dengan pemasangan Alat Peraga Kampanye, jadi saya ingin jajaran Pengawas Pemilu di Gianyar sudah siap, lengkap dengan sarana prasananya untuk melakukan Pengawasan,” tutup Pejabat asal Desa Guwang Tersebut.

    Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk saat ini khusunya ditahapan kampanye, waktu jajaran pengawasa Pemilu akan banyak dilapangan untuk melakukan pengawasan kampanye, dan dalam rangka pengawasan tahapan kampanye, diharapkan Pengawas Pemilu dapat bangun dan memperkuat soliditas sesama penyelenggara pemilu sesuai dengan tingkatan dan selalu menjadi koordinasi ke atasan, serta stakeholder yang ada di wilayah tugas masing-masing untuk saling memberi informasi terkait dengan ada atau tidaknya kegiatan kampanye di wilayah tugasnya.

    Pada akhir kegiatan dilakukan juga penyerahan mandat Penyelesaian Sengketa Antar Peserta Pemilu kepada Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Gianyar sebagai bentuk keabsahan Panwaslu Kecamatan untuk melakukan Penyelesaian Sengketa Antar Peserta Pemilu dimasing-masing Kecamatannya. (m/kb)

    Back to top button