GianyarPolitik

Disdukcapil Gianyar Siapkan 17 Ribu Blanko e-KTP untuk Pemilih Pemula

    GIANYAR, Kilasbali.com – Sedikitnya 17.567 blangko e-KTP disiapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) untuk memastikan hak politiknya terakomodir di Pemilu 2024.

    Tidak hanya warga yang sudah berusia 17 tahun, usia 16 tahun pun dilayani dengan catatan saat pencoblosan sudah genap berusia 17 tahun.

    Kepala Disdukcapil Gianyar, I Gusti Ngurah Gede Udayadnya, Kamis (30/11) mengungkapkan, suksesi Pemilu 2023, pihaknnya pun berkewajiban untuk memberikan pelayanan maksimal. Terutamanya dalam hal pelayanan e-KTP yang menjadi standar sahnya warga negara sebagai pemilih saat pemilu.

    “Kami siapkan Blangko sebanyak 17. 567 , sesuai target kami berdasarkan data di Disdukcapil. Layanan perekaman e-KTP kami kombinasikan dengan sistem jemput bola ke sekolah-sekolah,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Liburan Idul Adha, Polres Gianyar Perketat Pengamanan Obyek Wisata

    Ditegaskan, pelayanan e- KTP ini menjadi pelayanan prioritasnya, karena menuju pemilu 2024, pihaknya memastikan generasi muda ini dapat melaksanakan hak pilihnya.

    Ditambahkan, layanan perekaman KTP elektronik ini tidak hanya berlaku untuk para siswa yang sudah berusia 17 tahun. Namun juga para siswa yang saat ini berusia 16 tahun tetapi pada saat Pemilu 2024 sudah berusia 17 tahun. “Kami pastikan warha yang sudah berumur 17 tahun saat hari pemilihan, mereka tidak kesulitan,” imbuhnya.

    Ia menjelaskan, total ada lima ribu blangko e-KTP yang telah disiapkan pihaknya. Dari jumlah itu, 17 ribu di antaranya disiapkan untuk memfasilitasi hak pilih para pemilih pemula. Disebutkan, Program perekaman e-KTP bagi para pelajar ini telah terjadwal.

    Baca Juga:  Menang di Pengadilan, Sertifikasi Lahan Terganjal Adat?

    “Target (perekaman e-KTP) bagi siswa ini selesai sebelum pemungutan suara nanti,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button