GianyarNews UpdatePolitik

Kampanye Hitam di Medsos? Siap-siap! Subsatgas Cyber Bakal Lacak Jejak Digital

    GIANYAR, Kilasbali.com – Jika kompetitor coba-coba menempuh jalan pintas dengan berkampanye hitam, siap-siap berurusan dengan aparat hukum.

    Tidak bisa lagi lempar batu di media sosial, karena Tim Subsatgas Cyber Polres Gianyar bakal melacak jejak digitalnya. Satuan khusus di bidang IT bahkan sudah melakukan pemantauan dari awal tahapan Pemilu 2024.

    Dari informasi yang diterima, Polres Gianyar telah membentuk sejumlah satuan khusus (Satgas). Satgas ini tak hanya bekerja di lapangan, namun ada juga yang khusus bekerja untuk memantau media sosial (medsos), yakni, Subsatgas Cyber.

    Langkah ini merupakan antisipasi untuk memastikan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berjalan kondusif.

    Baca Juga:  Pameran Keris Kadutan Lokalan Bali 2024

    Kasubsatgas, Ipda I Kadek Kerta Yoga, Minggu ( 3/12) mengungkapkan, Subsatgas ini dibentuk dengan tujuan, memperkuat langkah-langkah preventif dalam menanggulangi kejahatan pidana di ranah cyber selama masa kampanye Pemilu 2023-2024.

    Diakuinya, medsos kini menjadi salah satu alat kampanye politik. Tak jarang, postingan medsos juga menjadi pemicu ketegangan di masyarakat. Sebab, kerap terdapat postingan berbau provokatif.

    Selain itu, Subsatgas Cyber ini juga bersinergi dengan KPU Gianyar guna memastikan, akun media sosial dari masing-masing Partai Politik yang terdaftar secara resmi di Kantor KPU Gianyar untuk menjadi landasan dalam pelaksanaan Patroli Cyber.

    Baca Juga:  Ini Angka Stunting di Klungkung

    Disebutkan, selama masa kampanye Pemilu 2024 berjalan, pihaknya akan terus melakukan penyelidikan dan pemantauan media sosial melalui platform-platform seperti Facebook, Instagram, Tiktok, YouTube, Telegram, dan lainnya.

    “Kami deteksi potensi penyebaran berita palsu (hoax) yang berpotensi menimbulkan kerawanan selama masa kampanye Pemilu 2023-2024,” tegas Ipda Yoga.

    Kasi Humas Polres Gianyar, Iptu I Nyoman Tantra, yang juga selaku Kasatgas Humas menambahkan, Subsatgas Cyber ini tergabung dalam Satgas Penegakan Hukum (Satgas Gakkum) Operasi Mantap Brata Agung 2023-2024.

    Baca Juga:  Sukses Prabowo-Gibran, Gerindra Serius Rebut Tiket Perubahan Gianyar

    “Tindakan preventif ini diarahkan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses kampanye pemilu berlangsung. Diharapkan langkah-langkah yang diambil Subsatgas Cyber Polres Gianyar dapat mencegah dan menekan penyebaran informasi yang tidak benar demi terciptanya pemilu yang bersih dan demokratis,” tandasnya. (ina/kb)

    Back to top button