OlahragaTabanan

336 Pesilat Anak Hingga Remaja Ikuti Pencak Silat Bupati Tabanan Cup 2024

    TABANAN, Kilasbali.com – Sebanyak 336 orang pesilat anak-anak hingga remaja mengikuti kejuaraan Pencak Silat Bupati Tabanan Cup 2024 di Gelanggang Olahraga (GOR) Debes.

    Hari ini, Kamis (7/12), kejuaraan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya.

    Ketua Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Tabanan, I Putu Eka Putra Nurcahyadi menyebutkan, kejuaraan ini merupakan bentuk kebersamaan seluruh perguruan pencak silat di Tabanan. “Ada delapan perguruan yang ada di Tabanan,” ungkapnya.

    Selain itu, kejuaraan ini juga sebagai media pelestari warisan budaya bangsa di tengah tantangan masuknya berbagai macam bela diri dari luar Indonesia. “Karena pencak silat merupakan bela diri warisan para leluhur kita,” sebutnya.

    Baca Juga:  Bupati Sanjaya Resmikan Jembatan Geluntung - SP Uma Bali 'Yeh Kajang'

    Dari sisi keolahragaan, sambungnya, kejuaraan ini juga untuk menjaring bibit-bibit atlet baru untuk dipertandingkan ke jenjang yang lebih tinggi.

    Terlebih pencak silat merupakan cabang olahraga yang tidak pernah absen menyumbangkan prestasi bagi Kabupaten Tabanan dalam berbegai event kejuaraan.

    “Kejuaraan ini untuk menjaring bibit-bibit atlet baru. Kami sepakat proses penjaringannya dari tingkat SD, SMP, hingga SMA,” kata Eka Putra Nurcahyadi seraya menyebut yang lolos dalam kejuaraan ini akan diproyeksikan untuk Pekan Olahraga Antarpelajar (Porjar) Provinsi Bali.

    Baca Juga:  Gegara Ini, KPPS dan Linmas Tumbang dan Dilarikan ke Rumah Sakit

    Ia menambahkan, pelaksanaan kejuaraan di tahun ini merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, kejuaraan ini sempat vakum selama dua tahun akibat pandemi Covid-19.

    “Kemarin terkendala pandemi Covid-19. Latihan sampai kejuaraan apapun dua tahun vakum. Termasuk aktivitas seluruh perguruan,” tukasnya. (c/kb)

     

    Back to top button