Seni BudayaTabanan

Pemkab Tabanan Akan Gelar Karya Agung Panca Wali Krama

    TABANAN, Kilasbali.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tabanan akan menggelar upacara atau Karya Agung Panca Wali Krama di areal kantor bupati setempat.

    Rencananya, puncak upacara ini akan berlangsung pada 27 Desember 2023 mendatang yang bertepatan dengan Purnama Kapitu.

    “Bertepatan dengan Rahina Purnama Kapitu,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) Tabanan, I Gede Susila, Jumat (15/12).

    Ia menjelaskan, rangkaian pelaksanaan upacara tersebut sudah dimulai sejak 29 September 2023 lalu di antaranya dengan prosesi ngingsiran, mrelina, dan nganyut ka segara.

    Keseluruhan rangkaian upacara ini akan berakhir pada 7 Februari 2024 mendatang dengan dilangsungkannya prosesi Tutug Bulan Pitung Dina.

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    Susila menjelaskan, pelaksanaan upacara ini sebagai yadnya untuk mengukuhkan kembali kedudukan atau linggih Niyasa tempat suci sebagai pemujaan Ida Sang Hyang Widi.

    Berhubung, sambungnya, sejumlah pembangunan di beberapa titik kantor Bupati Tabanan seperti padmasana, rumah jabatan bupati, panyengker, candi bentar, dan perbaikan fasilitas kantor lainnya telah rampung.

    Ia menambahkan, hampir 70 tahun belum pernah ada upacara pembersihan kantor secara niskala. “Sehingga dipandang perlu membuat upacara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan atau bersifat negatif,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Tingkatkan Kinerja Sekretariat DPRD Provinsi Bali Luncurkan E-Audiensi

    Pelaksanaan upacara tersebut berlangsung cukup besar karena kantor Bupati Tabanan merupakan pusat pemerintahan yang mengayomi seluruh Kabupaten Tabanan.

    “Bukan hanya satu atau dua desa saja tapi seluruh desa di Kabupaten Tabanan,” sambungnya.

    Ia melanjutkan, inti upacara adalah pecaruan yang sifatnya membersihkan dan ngenteg linggih yang sifatnya menstanakan Ida Bhatara.

    Susila menyebutkan, komponen yang dilibatkan dalam pelaksanaan upacara ini melibatkan seluruh kepala OPD atau organisasi perangkat daerah, Bendesa Adat Kota Tabanan dan jajarannya, serta seluruh pegawai di lingkungan Pemkab Tabanan.

    Upacara Ngedegang Pangrajeg Karya dilaksanakan pada Rabu (13/12) yang menyuguhkan berbagai kegiatan sakral seperti Tapini, Guru Dadi, Sang Hyang Rare Angon, Pengalang Sasih dan Melaspas Wewangunan Karya. Dan, upacara ini dipimpin Ida Pedanda Oka Sukawati Manuaba dari Griya Taman Sari Tabanan.

    Baca Juga:  Bupati Sanjaya Apresiasi Kekompakan Warga Desa Adat Juwuk Legi

    Diharapkan, keseluruhan upacara dapat berjalan lancar dan sukses sesuai dengan rencana sehingga berkah Ida Bhatara dapat menghampiri padmasana kantor Bupati Tabanan dan rumah jabatan bupati Tabanan.

    “Memberikan keselamatan, kedamaian, kerahayuan, ketenangan serta kesejahteraan kepada bupati serta seluruh jajaran serta seluruh masyarakat Tabanan,” tukasnya. (c/kb)

    Back to top button