Seni BudayaTabanan

Upacara Ngentegang Manik Galih, Ngingsah, dan Nyanging, Nancep Sunari di Kantor Bupati Tabanan

    TABANAN, Kilasbali.com – Usai rampungnya renovasi Padmasana dan tembok penyengker di Kantor Bupati dan Rumah Jabatan Bupati, Upacara sakral Ngentegang Manik Galih, Ngingsah lan Nyanging Nancep Sunari digelar dalam rangkaian acara pelaksanaan Eed Karya Agung Panca Wali Krama, Pedudusan Agung, Menawa Ratna, Memungkah, Melaspas Lan Ngenteg Linggih di Padmasana Kantor Bupati Tabanan, Jumat (14/12).

    Acara yang dipimpin oleh Sekda Tabanan, Dr. I Gede Susila, juga turut dihadiri oleh Para Asisten Setda, Inspektur, seluruh OPD, Kepala Bagian dan staf, Camat se-Kabupaten Tabanan serta Bendesa Adat setempat.

    Baca Juga:  Ambarrukmo ‘berKelana di Bali’, Kenalkan Tiga Intellectual Property di Geo Open Space

    Dengan dipuput oleh Ida Pedanda Griya Taman Sari Tabanan, beserta Pemangku dan Prawartaka Karya, upacara tersebut berlangsung dengan khidmat

    Usai pelaksanaan upacara Ngentegang Manik Galih, Ngingsah lan Nyanging dan sembahyang bersama kemudian dilanjutkan dengan rangkaian upacara Nancep Sunari yang dilakukan di 6 titik lingkungan kantor Bupati.

    Keterlibatan seluruh elemen dapat disaksikan dalam pelaksanaan Karya Agung ini, antusiasme dan semangat gotong-royong ditunjukkan dengan kesediaan ngayah sebagai wujud Sradha Bhakti terhadap Ida Bhatara yang berstana di Kantor Bupati.

    Baca Juga:  Kurang Hati-hati Saat Menyalip, Vario Seruduk Tronton

    Rangkaian upacara juga turut diiringi dan dimeriahkan oleh alunan gamelan oleh Sekaa Gong Sanjayaning Singasana dan tari-tarian dari Sekaa Tari Rejang Tri Datu dan Tari Rejang Tiga Sari oleh Pemangku Pengayah dari PSN (Pinandita Sanggraha Nusantara) Tabanan yang ikut ngayah dalam kesempatan ini.

    Rangkaian Karya dimulai pada Rabu, (4/10) lalu, rangkaian upacara ini menuju puncaknya pada Anggara Umanis Landep, Purnamaning Sasih Kapitu pada hari Selasa, (27/12) mendatang

    Baca Juga:  Duta Kota Denpasar Persembahkan ‘Ida Cokorda Mantuk Ring Rana’ di Pawai Pembukaan PKB

    Yang mana dalam pelaksanaanya turut melibatkan seluruh staf baik ASN maupun non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan.

    Dimulai dari kegiatan gotong-royong, mekemit, mereresik, ngaturang sodan, dan ngaturang ayah lainnya. Diharapkan, semua rangkaian upacara ini dapat berjalan lancar sesuai dengan yang direncanakan sebagai bagian dari Karya Agung Panca Wali Krama. (m/kb)

    Back to top button