Seni BudayaTabanan

Jelang Libur Akhir Tahun, Culture of Ulun Danu Beratan VI 2023 Digelar

    TABANAN, Kilasbali – Menjelang libur akhir 2023, Badan Pengelola Objek Wisata Ulun Danu Beratan kembali menggelar event seni dan budaya bertajuk Culture of Ulun Danu Beratan VI 2023.

    Kegiatan tersebut berlangsung dari Minggu (17/12) sampai 3 Januari 2024 mendatang di wantilan Pura Penataran Agung Ulun Danu Beratan dan The Bloom Garden.

    Ajang seni dan budaya tradisional Bali ini dibuka secara resmi oleh Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya di wantilan The Bloom Garden, Minggu (17/12).

    Dalam sambutannya, Sanjaya menyebut kegiatan seni dan budaya ini telah berjalan dengan baik karena berlangsung secara konsisten dari tahun ke tahun.

    Baca Juga:  Gegara Ini, KPPS dan Linmas Tumbang dan Dilarikan ke Rumah Sakit

    “Tidak terasa ini festival yang keenam. Artinya sudah enam kali digelar,” sebut Sanjaya.

    Terlebih, lokasi pembukaan kegiatan kali ini yang berpusat di The Bloom Garden yang masih merupakan anak perusahaan dari Badan Pengelola Ulun Danu Beratan.

    Menurutnya, ini merupakan upaya yang baik untuk mengangkat kunjungan objek wisata ke The Bloom Garden pasca pandemi Covid-19.

    “Sekarang ini sudah saatnya lagi berbenah, menata kembali objek-objek wisata yang dimiliki. Perlu dipopulerkan dan dipromosikan terus melalui kesenian dan kebudayaan lokal,” ujarnya.

    Ia mengapresiasi keberadaan Gebok Pesatak yang terdiri dari 23 desa adat karena terus memberikan dukungan terhadap berbagai kegiatan yang diprogramkan Badan Pengelola Ulun Danu Beratan.

    Sementara itu, Manajer Badan Pengelola Objek Wisata Ulun Danu Beratan, I Wayan Mustika, menyebutkan bahwa Culture of Ulun Danu Beratan VI 2023 mengambil tema Bhakti Ranu Mahalango.

    Baca Juga:  Pembelian Gas Elpiji 3 Kilogram Segera Dibatasi

    “Yang bermakna memacu kembali spirit kesenian dan kebudayaan dalam usaha pelestarian Ulun Danu Beratan sebagai anugerah keindahan dari Sang Pencipta,” jelas Mustika yang juta Ketua Panitia Culture of Ulun Danu Beratan VI 2023.

    Ia menambahkan, kegiatan ini juga sebagai upaya Gebok Pesatak Pura Penataran Agung Ulun Danu Beratan dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan.

    Upaya tersebut dicurahkan dengan melibatkan sekitar 1.200 orang seniman dari 23 desa adat dan dua sanggar seni.

    Baca Juga:  Data Masuk 76 Persen, PDIP Optimis Lampaui Target Kursi di DPRD Tabanan

    Culture of Ulun Danu Beratan VI 2023 akan berlangsung hingga 3 Januari 2024 mendatang setiap harinya di wantilan Pura Penataran Agung Ulun Danu Beratan.

    Sedangkan di wantilan The Bloom Garden, kegiatan ini akan berlangsung pada Jumat, Sabtu, dan Minggu. “Gratis bagi semua pengunjung Ulun Danu Beratan dan The Bloom Garden,” sebutnya.

    Mustika menyebut, kegiatan ini juga menjadi ajang hiburan dalam menyambut libur Nataru (Natal dan Tahun Baru). “Selain itu kami juga akan melaksanakan open house bagi tour agent pada 25 Desember 2023 sampai 1 Januari 2024,” ungkapnya. (c/kb)

    Back to top button