Seni BudayaTabanan

FKUB Perkuat Toleransi dan Jaga Keharmonisan

    TABANAN, Killasbali.com – Partisipasi Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam Musyawarah V Daerah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) periode 2023-2028 pada Selasa (19/12), menunjukan komitmen Pemerintah Daerah untuk selalu mendukung kerukunan antarumat.

    Hal Ini juga merupakan langkah positif untuk memperkuat toleransi antarumat dan membangun kerjasama yang harmonis guna memajukan kehidupan beragama di masyarakat.

    Kehadiran Bupati Sanjaya yang saat itu didampingi Sekda, Ketua FKUB Tabanan dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, sekaligus membuka acara Musyawarah Daerah V FKUB Kabupaten Tabanan yang dilangsungkan di Warung Dewi Sri, Jl. Ahmad Yani, Abiantuwung, Kediri, Tabanan.

    Turut hadir saat itu, Para Ketua Kerukunan Umat Beragama di Tabanan, Camat dan unsur Forkompimcam Kediri, Perbekel, Bendesa Adat dan undangan terkait.

    Baca Juga:  Pemkab Badung Dukung Pelestarian Budaya Sekaa Gong Semara Jaya

    FKUB Tabanan sebagai suatu organisasi yang memiliki peran penting dalam menampung dan menyalurkan aspirasi organisasi masyarakat Kabupaten Tabanan.

    Dengan pelaksanaan dialog antar pemuka dan antar tokoh agama dan masyarakat di Kabupaten Tabanan dan melaksanakan sosialisasi peraturan perundangan-undangan serta kebijakan di bidang keagamaan sebagai upaya mewujudkan kerukunan umat beragama dan pemberdayaan masyarakat di Kabupaten Tabanan.

    Bupati Sanjaya mengapresiasi panitia dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Musda V FKUB Tabanan periode 2023-2028 serta ucapan terima kasih pada pengurus FKUB di periode 2019-2023 yang telah turut serta secara konsisten dalam melaksanakan pembangunan masyarakat dan turut menjaga harmoni kerukunan antarumat beragama di Tabanan.

    “Semoga melalui pelaksanaan kegiatan ini, dapat menjadi momentum bagi kita semua mempererat rasa kekeluargaan, mempererat rasa silaturahmi, mempererat rasa kerjasama dan gotong royong serta silaturahmi yang sudah terjalin sangat baik selama ini,” ujar Sanjaya.

    Baca Juga:  ‘Megibung’, AMP NKRI Sambut Hari Raya Galungan dan Kuningan

    Sanjaya berharap dengan pelaksanaan acara Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Tabanan ini akan dapat melahirkan pemimpin yang terbaik daripada FKUB Kabupaten Tabanan yang dapat melanjutkan, meningkatkan program kerja dan mewujudkan tujuan organisasi, membangun sinergitas, komunikasi dan kolaborasi lintas organisasi kemasyarakatan dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan serta secara bersama-sama membangun dan mensukseskan pembangunan di Kabupaten Tabanan.

    Melalui forum Bhineka Tunggal Ika yang juga didirikan, Politisi asal Dauh Pala tersebut juga terus berupaya menguatkan rasa persatuan lintas agama di Kabupaten Tabanan.

    “Astungkara saya mencoba juga menyalurkan beberapa aspirasi umat beragama lintas suku dan lain-lain. Saya bersama saudara-saudara di lintas agama mendirikan Forum Bhineka Tunggal Ika di Kabupaten Tabanan sebagai contoh pemersatu dan mengeratkan tali silaturahmi yang astungkara sudah berjalan dengan baik. Forum Bhineka Tunggal Ika yang sudah ada, tolong dijaga dan dipupuk karena ini bagian dari lintas agama,” tegas Sanjaya.

    Selaku Ketua Panitia, Haji Anwar Haryono menyampaikan, dengan Musyawarah Daerah ini dibiayai dengan hibah dari Kementerian Agama Kabupaten Tabanan dana Pemda Kabupaten Tabanan.

    Baca Juga:  Bangunan Pura Dalem Purwa di Cau Belayu Tersambar Betir Saat Galungan

    Pihaknya sekaligus menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada Bupati Tabanan yang dalam kesempatan tersebut sekaligus memberikan bantuan dan dukungan, sebagai bentuk perhatian dalam memperkuat keberagaman sebagai sumber kekuatan bersama untuk mencapai kemajuan yang berkelanjutan di Kabupaten Tabanan. (m/kb)

    Back to top button