Tabanan

Ziarah dan Tabur Bunga Hormati Jasa Pahlawan

    TABANAN, Kilasbali.com – Untuk menghormati dan mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia, seluruh personel Penerangan Kodam (Pendam) IX/Udayana melakuan ziarah untuk memperingati HUT ke 73 Penerangan TNI AD tahun 2024.

    Kegiatan ziarah rombongan dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Pancaka Tirta Tabanan, Banjar Taman Sari, Tabanan, Kamis (11/1), dipimpin Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana.

    Baca Juga:  Aktivasi IKD di Tabanan Baru 1,28 Persen

    Upacara ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan yang dipimpin oleh Kapendam IX/Udayana. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga dan diakhiri dengan penghormatan akhir kepada Arwah Pahlawan. Selanjutnya, para peserta ziarah rombongan melakukan tabur bunga di area Taman Makam Pahlawan.

    Kapendam IX/Udayana menyampaikan, cikal bakal Penerangan TNI AD sudah tampak sejak perang kemerdekaan. Satu kenyataan yang tak dapat dipungkiri, walaupun secara resmi organisasi Penerangan belum terbentuk, namun keberadaan dan perannya dalam perjuangan bangsa, telah menampakkan hasil yang nyata.

    Baca Juga:  Pembelian Gas Elpiji 3 Kilogram Segera Dibatasi

    “Oleh karena itu, Pimpinan Angkatan Darat pada saat itu memutuskan membentuk organisasi penerangan melalui penetapan Kasad Nomor: 8/Kasad/Pnt/1951 tanggal 13 Januari 1951 dengan nama Bagian Penerangan dan Penerbitan. Cikal bakal inilah yang setiap tanggal 13 Januari diperingati sebagai Hari Jadi Penerangan TNI-AD,” jelas Kapendam.

    Kapendam mengatakan, ziarah ini juga memiliki makna yang sangat penting sebagai bukti kebesaran bangsa Indonesia, karena bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai para pahlawannya.

    “Selain kegiatan ziarah rombongan, pada Peringatan HUT ke 73 Penerangan TNI AD tahun 2024 kali ini Pendam IX/Udayana juga akan melaksanakan kegiatan Bakti Sosial berupa Donor Darah dan Acara Syukuran” pungkasnya. (jus/kb)

    Back to top button