GianyarPolitik

1.591 PTPS di Gianyar Dilantik, Ini Arahan Bawaslu Gianyar

    GIANYAR, Kilasbali.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Gianyar melantik jajaran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS), Senin (22/1).

    Pelantikan PTPS ini sebagai persiapan mengawasi tahapan pemungutan dan penghitungan suara, untuk Pemilu tahun 2024.

    Ketua Bawaslu Provinsi Bali, I Putu Agus Tirta Suguna yang hadir dalam acara pelantikan PTPS se-Kecamatan Sukawati menyampaikan dan memberikan ucapan selamat kepada PTPS terpilih.

    Lebih lanjut ia menerangkan bahwa sebagai ujung tombak demokrasi yang telah diamanatkan oleh undang undang untuk melakukan pengawasan selama 30 Hari kedepan, Pengawas TPS sudah resmi bertugas dan fungsinya dalam melakukan pengawasan dimasing-masing TPS.

    Baca Juga:  Polisi Gunakan Metal Detector untuk Amankan Pleno Pemilu 2024 di Tabanan

    “Selamat kepada Pengawas TPS terpilih, selama 30 Hari kedepan, Pengawas TPS sudah resmi bertugas dan menjalankan fungsinya dalam melakukan pengawasan dimasing-masing TPS sebagai ujung tombak demokrasi, saya harapkan bapak/ibu dapat menjaga integritasnya, netralitas, sekaligus profesional dan proporsional didalam menjalankan tugas tugas pengawasan ungkap Suguna,” harapnya.

    Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Gianyar, I Wayan Hartawan menjelaskan tugas, wewenang dan kewajiban pengawas TPS, di dalam menjalankan tugasnya wewenangnya hrs tetap mengacu pada prinsip prinsip penyelengara pemilu seperi yg sudah digariskan dalam Undang Undang Nomor 7 Th 2017, tentang pemilu.

    Disampaikan juga terkait dengan hasil pengawasan dangan aplikasi yg disebut Sistem Pengawasan Pemilu (Siwaslu) yang berfungsi untuk melaporkan kejadian dan hasil pengawasan yang dilakukan oleh pengawas TPS secara cepat, lebih lebih ada kejadian khusus di TPS tempat bertugas.

    Baca Juga:  Ini Daftar Caleg di Tabanan yang Lolos ke DPRD Provinsi dan Kabupaten

    “Bapak/Ibu Pengawas TPS terpilih saat bertugas nanti dapat melaporkan semua hasil pengawasan dan kejadian yang ditemui menggunakan aplikasi Siwaslu yang berfungsi untuk mempermudahkan dalam melakukan laporan cepat,” terang Hartawan

    Ditambahkannya bahwa jajaran Bawaslu Kabupaten Gianyar ditingkat Kecamatan pada hari senin tanggal 22 januari melakukan Pelantikan dan Pembekalan PTPS serentak se-kecamatan di Kabupaten Gianyar yang berjumlah 1.591 Pengawas TPS se-Kabupaten Gianyar. (ina/kb)

    Back to top button