PemerintahanTabananTokoh

Program Bungan Desa Ke-44, Bupati Sanjaya Angkat Potensi Wisata Desa Gunung Salak

    TABANAN, Kilasbali.com – Komitmen pemerintah daerah Kabupaten Tabanan untuk lebih dekat dengan masyarakat dengan mendengar aspirasi secara langsung di setiap sudut Desa terus digencarkan melalui program unggulan Bungan Desa “Bupati Ngantor di Desa”.

    Dalam kunjungan Bungan Desa ke-44, Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya tunjukkan pesona dan potensi alam Desa Gunung Salak, Kecamatan Selemadeg Timur, Senin (5/2).

    Kehadiran Sanjaya bersama Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, yang turut serta mengajak Sekda, Para Asisten, dan para Kepala OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Tabanan, Camat se-Kabupaten Tabanan, pagi itu mendapatkan sambutan hangat dari Perbekel, Bendesa Adat dan masyarakat setempat sebagai wujud sinergitas antara pemerintah dan masyarakat. Dimana pada kesempatan itu Bunda Rai sebagai Bunda Literasi menyerahkan beberapa buku bacaan kepada petugas Perpustakaan Keliling guna menambah khasanah bacaan bagi anak-anak didik.

    Sebagaimana diketahui, bahwa Desa Gunung Salak yang terletak di bagian Barat Kabupaten Tabanan dengan mayoritas masyarakatnya sebagai petani atau pekebun ini memiliki potensi alam yang luar biasa. Sebagai Desa Agrowisata buah salak, buah wani, padi, jagung dan kedelai, terlebih lagi dengan sistem pemupukannya yang menggunakan pupuk organik serta pengendalian hama menggunakan predator alami.

    Hal ini tentunya mendapatkan apresiasi dari Bupati Sanjaya akan semangat dan kerja keras yang telah ditunjukkan masyarakat dalam membangun dan mengembangkan potensi desa Gunung Salak.

    Baca Juga:  Satu Pendaki Batukaru yang Tersesat Akhirnya Ditemukan

    “Oleh karena itu, mari kita tingkatkan kesadaran dan kepedulian kita terhadap potensi alam yang luar biasa ini. Kita bisa memulai dan mempraktikkan gaya hidup yang ramah lingkungan, mendukung kebijakan pelestarian alam dan mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga ekosistem,” seru Sanjaya

    Sekaligus, Bupati Sanjaya juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam ini dengan tindakan nyata dalam pelestarian lingkungan dan untuk tidak mengotori alam serta tidak membuang sampah sembarangan apalagi sampah plastik. Berkomitmen untuk menjadi pelindung lingkungan yang tangguh sembari menikmati keindahan alam Gunung Salak.

    Selaras dengan penjelasan Bupati Sanjaya, selaku Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya juga mengutarakan tanggapan yang sama, baginya pesona Gunung Salak menjadi hidden gems atau bagaikan permata yang tersembunyi di Kabupaten Tabanan. “Luar biasa pesona Gunung Salak ini, baik alam dan juga wisatanya, kami sangat apresiasi sekali, sekaligus juga berharap nanti IKM dan UMKM di sini bisa berkembang, kedepankan potensi-potensi yang unggul di Gunung Salak, apalagi kualitas agrowisatanya yang sudah bagus sekali,” sebutnya.

     

    Selain itu, Melalui program unggulan ini, Sanjaya berharap dapat memberikan dampak salah satunya meningkatkan kesehatan masyarakat dan menurunkan angka stunting melalui kegiatan posyandu, bina keluarga balita, pemeriksaan kesehatan, pembagian kacamata gratis dan konseling semara ratih bisa terlaksana optimal, sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat secara umum.

    Di tengah kesempatan tersebut Sanjaya berkesempatan sambangi stand-stand pelayanan OPD kepada masyarakat sekaligus menyerap aspirasi masyarakat dengan permasalahan yang ada. menanyakan langsung keluhan masyarakat yang tengah dihadapi.

    Baca Juga:  Teken Prasasti Pura Pasek Agung Tegal, Bupati Giri Prasta Serahkan Bantuan Pemkab Badung Rp 2 M dan Pribadi Rp40 juta

    “Itu saya sampaikan, tujuan saya Berkantor Desa dengan program Bungan Desa tujuannya adalah, apa yang jadi harapan masyarakat bukan serta merta datang ke Kantor Bupati mengurus sesuatu, di era sekarang dengan berkantor di Desa, kita melayani langsung masyarakat. Terkait PBB, dari pagi OPD kita melayani masyarakat, ketika bicara kesehatan sudah ada pihak kami yang melayani sampai diberikan kacamata gratis. Dulu katanya perijinan dikatakan sulit, tapi sekarang kita datang langsung hari ini diurus dan langsung diberikan buat masyarakat yang kita cintai,” tegas Politisi asal Dauh Pala tersebut.

    Lebih lanjut, Sanjaya sampaikan asas manfaat program Bungan Desa ini, dimana Sanjaya bersama jajaran OPD memberikan pelayanan yang terbaik buat masyarakat, sekaligus juga melihat langsung kondisi Desa Gunung Salak dan memperhatikan infrastruktur yang perlu dibangun.

    “Kalau saya tidak berkantor di Desa, mana tau TK-nya, Desanya dan infrastrukturnya. Nah inilah tujuan semua OPD saya ajak jalan-jalan dan sekaligus berkantor di desa melihat di desanya, apa yang terjadi di desanya, rangkum semua program pembangunan di desa, sehingga kita bisa tahu bagaimana mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani bisa cepat kita laksanakan di Kabupaten Tabanan,” harap Sanjaya.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Sikapi Inflasi Secara Bijak, Masyarakat Diminta Tetap Kondusif

     

    Di kesempatan yang sama selaku Perbekel Desa Gunung Salak, I Wayan Wija sampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kehadapan Bapak Bupati atas berbagai dukungan dan juga perbaikan yang telah digencarkan baik dari segi infrastruktur dan batuan lainnya yang telah dirasakan oleh masyarakat dalam masa kepemimpinan Sanjaya.

    Pihaknya sekaligus sampaikan harapan agar melalui program ini Bapak Bupati bisa bersinergi dan berkoordinasi dengan masyarakat Desa Gunung Salak, sehingga dapat mengetahui apa yang menjadi keluhan masyarakat sekaligus menyampaikan kebijakan dan program-program bapak bupati.

    Banyak kemudahan yang dinikmati masyarakat melalui program pemerintah Kabupaten Tabanan, Bungan Desa ini, salah satunya yang dirasakan oleh I Gusti Nyoman Palguna, masyarakat Desa Gunung Salak yang pada kesempatan tersebut, merasakan kemudahan mengurus surat keterangan ijin usaha, dan pengurusan KTP dengan proses yang cepat, mudah dan tanpa ada tambahan biaya. (m/kb)

    Back to top button