News UpdatePolitikTabanan

Tanggapi Hasil Pemilu 2024, Sanjaya : Tabanan Masih Kandang Banteng

    TABANAN, Kilasbali.com – Ketua DPC PDIP Tabanan I Komang Gede Sanjaya menyebut Tabanan masih menjadi “kandang banteng” sesuai hasil Pemilu 2024.

    Baik itu hasil pemilihan presiden (pilpres) maupun pemilihan legislatif (pileg) tingkat provinsi maupun kabupaten.

    Sanjaya mengungkapkan, perolehan suara pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) di Tabanan mencapai 58,74 persen.

    Bahkan ia menyebut perolehan suara Ganjar-Mahfud pada posisi itu merupakan yang tertinggi di Bali. “Tabanan tertinggi di Bali,” kata Sanjaya dalam keterangannya pada Sabtu (17/2).

    Baca Juga:  Ini Target Operasi Patuh Agung 2024 di Tabanan

    Selain pilpres, indikator yang dipakai pihaknya untuk menyebut Tabanan masih menjadi kandang banteng adalah hasil pileg. Utamanya tingkat kabupaten.

    Sesuai hasil input data C1 Plano yang dilakukan internal partainya, PDIP Tabanan mengklaim perolehan kursi di DPRD Tabanan mencapai 31 kursi. “Per hari ini (kami) sudah bisa menaikkan tiga kursi,” sebutnya.

    Agak rinci ia menjelaskan, di Dapil Tabanan I (Tabanan-Kerambitan), PDIP memperoleh tambahan satu kursi. Sehingga totalnya menjadi delapan kursi. Sisanya menjadi jatah Golkar dan Gerindra. “Ini setara 74 persen,” ujarnya.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Kesulitan Cari Investor Untuk Kelola DTW Bedugul

    Sementara itu untuk di Dapil Tabanan 2 (Selemadeg Timur, Selemadeg, Selemadeg Barat, dan Pupuan), komposisinya masih bertahan dengan tingkat perolehan 77 persen. PDIP memperoleh delapan kursi. Sisanya menjadi jatah Golkar dan Gerindra.

    Di Dapil Tabanan 3 (Penebel-Baturiti), PDIP mendapatkan tambahan satu kursi dalam Pemilu 2024 atau sekitar 68 persen. Totalnya enam kursi dan sisanya berturut-turut menjadi jatah Golkar, Gerindra, dan Demokrat.

    “Ini (Dapil 3) yang juga mengagetkan kami. Selama ini Dapil 3 kami anggap lemah. Tapi bisa menambah satu kursi,” tukasnya.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Lokasi Larangan Menaikkan Layangan di Bali

    Sementara di Dapil 4 (Kediri-Marga) dengan alokasi 11 kursi, PDIP kebagian sembilan kursi. Sisanya merupakan jatah bagi Golkar dan Gerindra.

    Kemudian untuk pileg tingkat provinsi, PDIP masih mempertahankan perolehan sebanyak 4 kursi. Sisanya menjadi jatah Golkar dan Gerindra.

    Sayangnya, Sanjaya enggan merinci deretan caleg PDIP yang akan menempati kursi di DPRD kabupaten maupun provinsi tersebut.

    “Saya belum berani sebut nama secara formal karena masih input data. Yang jelas kami berterima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap PDIP,” tukasnya. (c/kb)

     

    Back to top button