DenpasarSosial

Nuanu Social Fund Changemakers in and around Bali

    TABANAN, Kilasbali.com – Nuanu Social Fund (NSF), sebuah entitas dinamis di dalam Nuanu yang berkomitmen mendorong perubahan sosial dan lingkungan yang positif, dengan bangga meluncurkan inisiatif pemetaan inovatif berjudul “Changemakers in and around Bali” (Pembuat Perubahan di Bali dan Sekitarnya).

    Inisiatif ini merupakan penghormatan terhadap para inovator sosial dan pemimpin yang secara aktif mendorong dan terlibat dalam pembentukan masa depan Indonesia.

    Setelah melakukan studi komprehensif selama enam bulan, inisiatif NSF ini akhirnya diluncurkan dalam beberapa bentuk yang di dalamnya termasuk peta yang menarik secara visual yang menyoroti area-area kunci inovasi sosial, majalah yang secara rinci berisi laporan dan narasi, serta situs interaktif yang berisi informasi terkini tentang berbagai penelitian yang dilakukan serta wadah untuk membangun koneksi dan jejaring dengan berbagai pelaku dan komunitas.

    Inisiatif pemetaan NSF ini bertujuan untuk memberikan pemahaman menyeluruh tentang lanskap sosial dan lingkungan di Bali dan sekitarnya. Melalui representasi visual individu dan organisasi yang berdedikasi untuk perubahan positif, peta ini bertujuan untuk mengungkap kualitas dan pola yang khas dalam kelompok pembuat perubahan.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Lokasi Larangan Menaikkan Layangan di Bali

    Dengan mengidentifikasi hubungan di antara mereka, NSF berharap dapat memahami tantangan dan kebutuhan yang mereka hadapi, serta membantu peran mereka yang beragam dalam sistem yang lebih besar.

    Acara peluncuran ini menjadi tonggak penting bagi NSF, dengan fokus pada penyebaran temuan penelitian dan memfasilitasi hubungan dalam kelompok jaringan pembuat perubahan.

    Selain itu, situs web yang diluncurkan juga akan berfungsi sebagai alat jaringan dan penelitian yang efektif, mengarahkan kolaborasi jejaring ini untuk memberi dampak bagi komunitas serta mengangkat berbagai peluang kolaborasi.

    Sergey Solonin, pendiri Nuanu, mengungkapkan perspektifnya.

    “Visi saya untuk NSF berakar pada keyakinan bahwa masyarakat memiliki kekuatan untuk membentuk nasib mereka sendiri dan menciptakan masa depan yang lebih baik. Melihat tim NSF mengambil langkah untuk mencapai visi ini dan mencapai tonggak penting ini membuat saya merasa bangga. Saya dengan penuh semangat menantikan dukungan mereka yang terus berlanjut untuk inisiatif dan proyek-proyek yang berdampak,” katanya.

    Dalam mengenang perjalanan lahirnya inisiatif ini, Denis Guseynov, Direktur Nuanu Social Fund menuturkan, perjalanan NSF dimulai dengan rasa ingin tahu untuk menemukan dan menghubungkan individu dan organisasi yang berdedikasi.

    Baca Juga:  Bocah WNA Resahkan Warga Ubud, KPPAD Bali Minta Petugas Keamanan Bertindak

    “Seperti kami, terhadap kesejahteraan Bali dan menangani tantangan global. Sebagai penggagas perjalanan ini, kami telah menciptakan proses unik untuk memetakan para pembuat perubahan di Bali dan sekitarnya dan memberikan panggung bagi berbagai inisiatif dan kolaborasi yang transformatif,” tuturnya.

    Pemetaan ini menggunakan metodologi snowball sampling yang memudahkan identifikasi dan eksplorasi komunitas. Pemetaan ini membawa manfaat signifikan baik untuk NSF maupun komunitas dengan menyediakan data penting untuk kolaborasi dan perubahan transformatif.

    Hal ini mengarah pada kemitraan strategis dan dukungan yang bertarget, membantu sasaran kolaborasi dan pembagian sumber daya. Hal ini juga sejalan dengan misi NSF yang lebih besar, melampaui 17 poin Tujuan Pembangunan Berkelanjutan PBB (UN SDGs), dengan menjadikan pelestarian budaya dan tradisi Bali sebagai fokus utama.

    “Saya secara pribadi percaya bahwa Bali adalah salah satu tempat di dunia yang masih memegang kuat warisan spiritualnya. Melihat NSF memprioritaskan pelestarian budaya dan tradisi sebagai salah satu misi utama mereka memberi saya kebahagiaan yang besar. Saya dengan antusias menantikan inisiatif-inisiatif NSF berikutnya yang diharapkan mampu berkontribusi pada pemenuhan tujuan penting ini,” ujar Ida Bagus Agung Partha Adnyana, Ketua Bali Tourism Board.

    Baca Juga:  Atlet Tarung Derajat Jatim Latih Tanding ke Bali, Bambang Haryo Soekartono Kecewa

    Gus Tulang, Pendiri Petradesa, mengungkapkan rasa terima kasih atas dukungan NSF.

    “Saya sangat menghargai tujuan-tujuan besar NSF dan merasa yakin dengan misi mereka untuk memberdayakan komunitas. Saya beruntung telah menerima dukungan mereka untuk menjalankan misi saya dalam mendirikan Timbal Hub. Melalui proyek ini, saya dapat memberikan ruang yang aman dan layak bagi pemuda Desa Beraban untuk belajar pemanfaatan teknologi informasi,” imbuhnya.

    NSF terus berkomitmen untuk mempercepat proyek-proyek dan inisiatif yang memiliki dampak kemasyarakatan dan mendukung individu dan komunitas sesuai dengan misinya.

    Melalui penyediaan dana strategis, pengetahuan ahli, dan jaringan yang kuat, NSF secara aktif berkontribusi pada pertumbuhan dan transformasi entitas yang sejalan dengan visi Nuanu untuk masa depan yang lebih baik.

    NSF menggunakan pendekatan unik, yang ditandai dinamisme, transparansi, dan partisipasi komunitas.

    Melalui model inklusif ini, NSF berupaya membina rasa kepemilikan dan kolaborasi komunitas yang dalam, memberdayakan Komunitas Nuanu untuk secara aktif membentuk cara pengoperasian dan tujuan-tujuan penggunaan dana tersebut. (m/kb)

    Back to top button