BadungCeremonialPemerintahanSeni BudayaTokoh

Resmikan Balai Banjar Ganggasari, Ini Doa Tulus Ikhlas Bupati Giri Prasta

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta selalu hadir ke tengah-tengah masyarakat, apalagi yang berkaitan erat dengan adat, seni dan budaya Bali.

    Seperti halnya menghadiri peresmian Balai Banjar Ganggasari Desa Adat Kapal, sekaligus menandatangani prasasti balai banjar setempat, Senin (19/02).

    Turut hadir dalam kesempatan ini Anggota DPRD Badung I Made Suwardana, Camat Mengwi Nyoman Suhartana serta unsur Tripika Kecamatan Mengwi, Lurah Kapal I Nyoman Adi Setiawan, Bendesa Adat Kapal Ketut Sudarsana, serta tokoh dan masyarakat setempat.

    Kedatangan Bupati Giri Prasta pun disambut meriah oleh warga setempat, diawali dengan Beleganjur, Tari Pendet, Darma Gita, serta dihibur oleh Celekontong Mas, dan semua itu diberi dana secara pribadi oleh Bupati Giri Prasta sebesar Rp 30 juta.

    Baca Juga:  ABS! Urip-GP Idola Masyarakat Tabanan?

    Bupati Giri Prasta mengucapkan rasa syukur kepada Ida Hyang Widhi Wasa dan Ida Betara Betari yang berstana di Pura bhagawan penyarikan. “Semoga semuanya diberi keselamatan dan kerahayuan dalam melaksanakan upacara ini,” ujarnya.

    Giri Prasta juga berharap, karya ini berjalan lancar sida sidaning don nemu labda karya, paripurna lan swadarma ring Kahuripan, serta mari secara bersama-sama ngrastiti bakti.

    “Semoga Ida memberikan jalan dan anugrah yang baik bagi semua warga masyarakat banjar Ganggasari dalam melaksanakan upacara seperti saat ini,” katanya.

    Bupati Giri Prasta tampak menandatangani prasasti Balai Banjar Ganggasari Desa Adat Kapal. foto/ist

    “Kehadiran kami disini untuk meringankan beban krama semua dan ini murni dari pikiran yang suci dan ning nirmala, serta kehadiran kami disini sekaligus menyerahkan bantuan serta memberi tanda tangan secara simbolis pada prasasti,” ucapnya.

    Baca Juga:  Sendratari Kolosal ‘Ki Barualis’ Meriahkan HUT Kota Gianyar

    Lebih lanjut dikatakan, terkait dengan peresmian Balai Banjar Ganggasari, ini merupakan sebuah legasi bagi dirinya selaku bupati tentu dengan tokoh-tokoh masyarakat yang ada di sini.

    Karena itu merupakan legasi untuk membuat sejarah baru, sehingga infrastruktur ini bisa akan dinikmati selamanya oleh anak cucu kita terutama anak cucu yang ada di banjar ganggasari.

    “Saya berharap kepada masyarakat untuk selalu bersatu antara anak-anak, pemuda dan orang tua karena dengan bersatu akan memberi jembatan emas bagi generasi ke depan, serta diimbau kepada masyarakat semua Ganggasari boleh maju tapi jangan sampai menggerus akar adat, seni dan budaya,” ungkap Bupati Giri Prasta.

    Sementara itu, Ketua Upasaba Banjar Ganggasari Si Ngurah Putu Kusumayadi mewakili seluruh masyarakat Banjar Ganggasari mengucapkan terima kasih kepada Bupati Badung serta undangan lainnya sudah bersedia hadir dalam acara peresmian Balai Banjar Ganggasari.

    Baca Juga:  Internal Golkar Tabanan Sodorkan Lima Bacabup

    “Balai banjar dan yang lainnya merupakan bantuan hibah Bupati Badung anggaran perubahan tahun 2023 sebesar Rp. 1,5 miliar. Dengan bantuan ini kami masyarakat bisa melaksanakan pemugaran serta menata tempat Balai Banjar Ganggasari dan sudah berjalan dengan lancar sesuai yang kita harapkan dan kami masyarakat siap selalu mendukung program Bapak Bupati Badung untuk selalu mengayomi masyarakat yang tak terlepas dari ajaran Tri Hita Karana,” harapnya. (m/kb)

     

    Back to top button

    Berita ini dilindungi