Ekonomi BisnisGianyarPeristiwaSosial

Jelang Hari Raya TPID dan Polres Gianyar Sidak Pasar Tradisional

    GIANYAR, Kilasbali.com – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama Polres Gianyar dan Kejaksaan Negeri Gianyar menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah pasar tradisional di Gianyar, Kamis (22/2) pagi.

    Sidak untuk memastikan stok dan harga bahan pokok tetap stabil menjelang Hari Raya Galungan dan Kuningan serta Hari Raya Nyepi. Adapun beberapa pasar yang dikunjungi diantaranya Pasar Rakyat Gianyar dan Pasar Blahbatuh.

    Kegiatan diawali dengan pengecekan/monitoring pedagang-pedagang yang menjual sembilan bahan pokok (sembako) maupun kebutuhan lainnya di Pasar Rakyat Gianyar, dilanjutkan dengan Pasar Blahbatuh. Dari hasil pemantauan di lapangan stok dan harga dipastikan masih relatif stabil.

    Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gianyar, Ni Luh Gede Eka Suary mengatakan, mengantisipasi kelangkaan stok dan kenaikan harga menjelang hari raya galungan dan kuningan serta hari raya nyepi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama pihak-pihak terkait melaksanakan sidak ke sejumlah pasar.

    Baca Juga:  Gegara Hujan Angin Puluhan Hektar Tanaman Padi Rusak

    “Kita pastikan stok dan harga bahan pokok di pasaran masih relatif stabil, dan kita tidak menemukan kenaikan harga signifikan menjelang datangnya hari raya,” ujarnya.

    Lebih lanjut, dirinya memastikan bahwa stok kebutuhan pokok menjelang hari raya galungan dan kuningan serta hari raya nyepi masih terbilang aman.

    “Harganya masih sama dan stok nya masih aman. Terutama yang kita monitor itu beras, stok ada namun memang masih di harga 17.000/Kg, sementara untuk harga bawang merah bawang putih tidak ada kenaikan,” lanjutnya.

    Baca Juga:  Pentingnya HAKI Bagi UMKM di Bali

    Walaupun ada sedikit kenaikan harga, daya beli masyarakat terpantau masih cukup tinggi untuk berbelanja karena memenuhi kebutuhan untuk hari raya.

    Ia berharap pasokan dan harga kebutuhan pokok tetap stabil hingga hari raya, sehingga inflasi daerah dapat dikendalikan.

    Disamping memantau kebutuhan pokok, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama Polres Gianyar dan Kejaksaan Negeri Gianyar juga memantau ketersediaan Gas LPG 3 Kg, di mana untuk stok masih aman, tidak terjadi kelangkaan. “Untuk stok gas sementara masih aman,” tutupnya.

    Baca Juga:  Sendratari Kolosal ‘Ki Barualis’ Meriahkan HUT Kota Gianyar

    Dari pemantauan yang dilakukan, harga beras premium masih tetap di harga 16.500Kg, gula pasir 17.000Kg, telur ayam ras 28.000/Kg, minyak goreng 17.000/Liter, daging babi 80.000/Kg, daging ayam 38.000/Kg cabai rawit merah 80.000/Kg, bawang merah 25.000/Kg, bawang putih 35.000Kg. (ina/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi