PolitikTabanan

Ketua DPRD Tabanan Hadiri Meliang-liang Success Story Tiga Tahun Kepemimpinan Jaya Wira

    TABANAN, Kilasbali.com – Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga beserta istri menghadiri acara kegiatan Meliang-liang Success Story Tiga Tahun Kepemimpinan Jaya – Wira, Senin (26/2).

    Kegiatan meliang liang sekaligus Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten (Musrenbangkab) RKPD-SB Tahun 2025 Kabupaten Tahanan tersebut digelar di Gedung Kesenian I Ketut Maria.

    Hadir Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya,S.E.,M.M, yang turut bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Nyonya Rai Wahyuni Sanjaya, Wakil Bupati Tabanan beserta istri, Kepala Bappeda Provinsi Bali serta Sekda Tabanan beserta istri, mendapat sambutan meriah dari barisan tektekan oleh 300 ASN, dilanjutkan dengan barisan ribuan pegawai serta sambutan dari perangkat daerah yang menyerukan kehadiran Jaya Wira menuju areal Gedung Marya pagi itu.

    Turut hadir dalam kegiatan, Ida Cokorda Anglurah Tabanan, jajaran Forkompinda, Para Asisten dan jajaran Pimpinan Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Camat dan Perbekel se-Kabupaten Tabanan beserta undangan lainnya yang turut serta dalam acara yang penuh sukacita. Nampak ribuan masyarakat juga antusias ikut berbaur dan menikmati acara yang diselingi dengan berbagai hiburan, suguhan kuliner dan undian doorprize menarik.

    “Di dalam kita menjalankan sebuah amanat yang diberikan kepercayaan oleh masyarakat Tabanan, tiga ahun kepemimpinan, kemarin astungkara 73 persen masyarakat kita di Kabupaten Tabanan telah mendukung pemerintahan Jaya Wira ini. Tiga tahun yang lalu 73 persen, ini angka yang sangat signifikan. Ini artinya masyarakat Tabanan ini sudah sangat menggantungkan harapannya kepada saya bersama Pak Wakil,” ujar Sanjaya penuh apresiasi.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Hendak Bangun Taman Perjuangan, Ditarget Selesai Akhir 2024

    Masa awal kepemimpinan Jaya Wira yang kala itu bersamaan dengan masa Pandemi Covid-19 berdampak buruk dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat, sehingga menyebabkan anjloknya pertumbuhan ekonomi khususnya di Kabupaten Tabanan.

    Namun, hal ini tak menyurutkan hati Jaya-Wira untuk memberikan motivasi untuk berkolaborasi bersama Sekda, Jajaran, semua Stakeholder dan anggota DPR, Perbekel dan Bendesa Adat untuk kompak bersatu mengatasi semua persoalan yang ada di Kabupaten Tabanan.

    “Sekarang pembangunan Tabanan sudah diatas rata-rata, bahkan kita beberapa melampaui Provinsi, itu artinya apa ini kerja kolaborasi yang sangat luar biasa, komunikasi yang terbuka terarah dan transparansi, itu adalah awal. Ketika modal itu bisa kita pegang bersama, Astungkara Tabanan Era Baru, Tabanan Aman, Unggul dan Madani bisa kita capai, asal kita selalu kompak bersatu untuk mencintai masyarakat Tabanan yang kita banggakan. Tidak salah kita selalu memberikan spirit atau jargon, apapun dilemannya, apapun dinamikanya tetep mekenyem. Ini merupakan motivasi. Artinya tidak boleh mengeluh dengan keadaan, tapi bagaimana kita selalu berbuat untuk rakyat kita,” seru Sanjaya.

    Baca Juga:  Banggar-TAPD Bahas KUA/PPAS, Pendapatan APBD 2025 Dirancang Rp 698 M

    Berbagai pembangunan telah diwujudkan dalam 3 tahun masa kepemimpinan Jaya-Wira dalam rangka mewujudkan Visi Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani di dalam berbagai bidang kehidupan, mulai dari bidang pangan, sandang, dan papan, bidang pendidikan dan kesehatan, jaminan sosial dan ketenagakerjaan, bidang adat, tradisi, seni dan budaya, serta bidang pariwisata yang ditunjang dengan pembangunan di bidang infrastruktur yang tetap memperhatikan keharmonisan dengan alam dan lingkungan.

    Kepala Bappeda Provinsi Bali, I Wayan Wiasthana Ika Putra, juga menyampaikan apresiasinya dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Tabanan Tahun 2025.

    Pihaknya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Sanjaya dan jajaran yang mampu membangun Kabupaten Tabanan, sehingga capaian Tabanan dalam pembangunan ekonomi rata-rata lebih baik daripada Provinsi Bali di tahun 2020-2023 usai menghadapi pandemi Covid-19.

    “Hal ini berkat fondasi sektor pertanian di Tabanan yang masih kuat, sehingga mampu menumpu struktur ekonomis secara keseluruhan. Artinya kebijakan pembangunan ekonomi tabanan yang dikomandani Pak Bupati Sudah sangat tepat,” ujar Ika Putra

    Baca Juga:  DPR RI Kunker ke Kodam IX/Udayana

    Di kesempatan yang sama, Kepala Bappeda Tabanan, I Made Urip Gunawan, memaparkan laporannya terkait Musrenbangkab RKPD semesta berencana Kabupaten Tabanan Tahun 2025 yang dilaksanakan usai secara bertahap melangsungkan Musrenbang tingkat desa dan tingkat kecamatan sebelumnya.

    Tujuan untuk membahas dan menyepakati usulan rencana kegiatan pembangunan dengan menghimpun saran dan masukan dari para pemangku kepentingan yang menjadi kegiatan prioritas pembangunan untuk menyempurnakan rencana kerja pembangunan di Kabupaten Tabanan.

    Dalam paparannya Urip Gunawan menunjukkan capaian makro Kabupaten Tabanan di Tahun 2020-2023 yang mengalami kenaikan laju pertumbuhan ekonomi, penurunan angka pengangguran terbuka, penurunan persentase kemiskinan dan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia.

    Capaian yang sudah diwujudkan ini, diharapkannya menjadi modal di tahun 2025 untuk menjawab tantangan pembangunan kedepan dengan tema “Pengembangan daya saing regional dan internasional produk unggulan daerah” yang diharapkan juga dapat menjawab permasalahan dan isu strategis dalam lima bidang prioritas di Kabupaten Tabanan. (m/kb)

    Back to top button