PolitikTabanan

Partisipasi Pemilih Pemilu 2024 di Tabanan Mencapai 88,8 Persen

    TABANAN, kilasbali.com – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Tabanan mengklaim tingkat partisipasi pemilih dalam Pemilu 2024 melampaui target yang ditetapkan.

    Dalam Pemilu 2024 yang digelar pada 14 Februari 2024 lalu, tingkat partisipasi pemilih mencapai 88,8 persen.

    “Untuk partisipasi pemilih kemarin kami targetkan 85 persen. Ini sudah melampaui dari itu. Yakni 88,8 persen,” ungkap Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra.

    Hal tersebut Suwitra sampaikan saat jeda Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten, Minggu (3/3).

    Baca Juga:  Begini Kronologis Kecelakaan Maut di Jembatan Yeh Nu

    Ia menjelaskan, tingkat partisipasi pemilih sebesar 88,8 persen itu setara dengan 330.697 orang dari 372.372 orang pemilih.

    Mereka terdiri dari pemilih yang masuk dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap), DPTb (Daftar Pemilih Tambahan), dan DPK (Daftar Pemilih Khusus).

    Suwitra menyebut sejak awal pihaknya telah optimis akan mencapai target tersebut. Terutama keikutsertaan dari generasi muda dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2024.

    Baca Juga:  ASN Se-Bali Diminta Jaga Netralitas Pemilu

    “Dari awal kami yakin. Kami melihat partisipasi dan antusiasme generasi muda meningkat,” sebutnya.

    Ia menambahkan indikator lain meningkatnya partisipasi generasi muda dalam Pemilu 2024 adalah keikutsertaan sebagai penyelenggara.

    “Buktinya banyak juga yang menjadi penyelenggara. Sebelumnya banyak penyelenggara yang lama-lama saja. Dari sana kami melihat partisipasi generasi muda untuk ikut memilih pasti akan meningkat,” tukasnya. (m/kb)

    Back to top button

    Berita ini dilindungi