PolitikTabanan

Polisi Gunakan Metal Detector untuk Amankan Pleno Pemilu 2024 di Tabanan

    TABANAN, kilasbali.com – Kepolisian Resor atau Polres Tabanan menyaring tiap peserta pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten yang berlangsung pada Minggu (3/3) dengan menggunakan metal detector.

    Penggunaan metal detector tersebut dilakukan untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan selama berlangsungnya pleno yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum atau KPU Tabanan tersebut.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Laksanakan Bhakti Penganyar di Pura Luhur Giri Salaka Alas Purwo dan Pura Mandhara Giri Semeru Agung

    “Sesuai SOP. Itu sebagai upaya antisipasi untuk lebih maksimal (pengamanannya). Agar pelaksanaan pleno tidak ada gangguan,” jelas Kapolres Tabanan AKBP Leo Dedy Defretes usai meninjau pelaksanaan pleno.

    Ia menjelaskan, kegunaan metal detector menjelang pelaksanaan pleno untuk menyaring tiap barang bawaan peserta pleno yang bisa menimbulkan bahaya. “Terutama barang bawaan yang bisa menimbulkan bahaya,” katanya.

    Baca Juga:  Sikapi Pemecatannya dari PDIP, Mulyadi Serahkan ke Megawati

    Selain menggunakan peranti pengamanan, pihaknya juga telah menyiagakan 26 orang personil di lokasi pelaksanaan pleno yakni di Homm Saranam Hotel, Kecamatan Baturiti.

    “Sejauh ini pelaksanaan pleno dari pantauan sementara masih berjalan lancar,” tukasnya.

    Sebelumnya, Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra menjelaskan bahwa pleno rekapitulasi perolehan suara Pemilu 2024 tingkat kabupaten merupakan lanjutan dari tahapan serupa di tingkat kecamatan.

    Baca Juga:  Jalani Perawatan Sejak Februari 2024, Kabag Tapem Tabanan Berpulang

    Dalam prosesnya, pleno di tingkat kabupaten dilaksanakan dengan menyandingkan hasil rekapitulasi di tingkat kecamatan atau D Hasil, begitu juga D Hasil yang dipegang para saksi, maupun data yang termuat dalam Sirekap atau Sistem Informasi Rekapitulasi. (c/kb)

    Back to top button