Ekonomi BisnisTabanan

Perumda TAB Tambah Daya Listrik Pompa di Sumber Mata Air Dedari

    TABANAN, Kilasbali.com – Perusahaan Umum Daerah Tirta Amerta Buana atau Perumda TAB berencana menambah daya listrik pompa pada sumber mata air Dedari di Kecamatan Marga.

    Penambahan daya listrik tersebut dilakukan untuk mengimbangi penambahan jumlah pelanggan di Area IV yang meliputi beberapa wilayah di Kecamatan Kediri.

    Apalagi pada saat berlangsungnya Gebyar Sambungan Baru jelang akhir 2023 lalu, Area IV merupakan wilayah dengan penambahan jumlah pelanggan terbanyak.

    “Karena banyak pelanggan (baru) pada waktu gebyar kemarin,” kata Kasubag Humas Perumda TAB Wayan Agus Suanjaya, Selasa (5/3).

    Baca Juga:  Ini Target Operasi Patuh Agung 2024 di Tabanan

    Ia menjelaskan sumber mata air Dedari di Kecamatan Marga melayani pelanggan di wilayah Kediri seperti Desa Banjaranyar dan Abiantuwung.

    Sumber mata air itu juga menjadi pemasok air bersih untuk sebagian wilayah di Desa Nyambu dan Kaba Kaba.

    “Di Area IV ini kurang lebih ada 8.490 sambungan. Sebelum (Gebyar Sambungan Baru) sekitar tujuh ribuan sambungan. Banyak penambahan (pelanggan) di areal ini,” imbuhnya.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Hendak Bangun Taman Perjuangan, Ditarget Selesai Akhir 2024

    Dengan adanya penambahan daya listrik pada mesin pompa di sumber mata air tersebut, kelangsungan layanan bisa lebih dipastikan.

    Selain itu, penambahan daya listrik ini setidaknya juga bisa menambah jumlah pelanggan sekitar seribu sampai 1.500 pelanggan baru.

    Suanjaya tidak merinci berapa daya listrik yang akan ditambah. Begitu juga dengan daya listrik yang dimanfaatkan sebelumnya.

    Namun ia menyebut di sumber mata air Dedari ada beberapa pompa dengan daya 75, 37, dan 22 KW. “Setidaknya bisa menambah dua liter per detik atau lebih dari itu,” imbuhnya.

    Agus Suanjaya menyebut penambahan daya listrik pada sumber mata air Dedari merupakan salah satu program peningkatan pelayanan.

    Baca Juga:  Sempat Tertinggi, Inflasi Tabanan Kini Terendah Bahkan Deflasi

    Di luar itu, pihaknya juga secara rutin melakukan pengecekan layanan dua kali sehari dalam setiap harinya.

    Pengecekan tersebut untuk meminimalkan gangguan serta memudahkan proses perbaikan atas gangguan yang terjadi. (c/kb)

    Back to top button