GianyarPariwisata

Ngembak Geni, Polres Gianyar Intensifkan Pengamanan Tempat Wisata

    GIANYAR, Kilasbali.com – Jajaran Polres Gianyar mengintensifkan pengamanan objek wisata selama momen libur Ngembak Geni rangakaian Perayaan Nyepi Caka 1946, Selasa (12/3).

    Terdapat puluhan objek wisata yang menjadi tempat kunjungan yang diamankan Polisi dan beberapa diantaranya berstatus prioritas.

    Kapolres Gianyar AKBP Ketut Widiada melalui Kasi Humas Polres Gianyar Iptu I Nyoman Tantra mengatakan, pengamanan dilaksanakan dalam rangka Hari Raya Ngembak Geni.

    “Sejumlah personel ditempatkan di daerah yang menjadi tujuan kunjungan masyarakat seperti daerah pantai dan beberapa obyek wisata lainnya,” ungkap Nyoman Tantra.

    Pengamanan dilakukan secara maksimal untuk menekan kerawanan Kamtibmas seperti aksi kejahatan, kemacetan, maupun potensi kecelakaan bagi pengunjung.

    Baca Juga:  Toya Devasya Goes Digital

    Puluhan personel ditempatkan di objek wisata hingga melakukan pengamanan secara mobil ke titik-titik rawan.

    “Ramainya objek-objek wisata ini tentu saja menambah kerawanan kamtibmas. Polres Gianyar menyiapkan tim yang ditugaskan khusus di lokasi-lokasi wisata,” jelas dia.

    Dia mengimbau kepada pengelola dan pengunjung objek wisata tetap memperhatikan aspek keselamatan.

    Khususnya yang membawa anak kecil dihimbau agar selalu didampingi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

    “Khususnya objek wisata air seperti pantai, pastinya saat ini ramai, pengunjung agar selalu hati-hati,” jelas dia.

    Baca Juga:  Koster Sebut Komunikasi dengan De Gadjah Masih Lanjut

    Lanjutnya, Ngembak Geni merupakan rangkaian perayaan Nyepi yang dilaksanakan sehari setelah Nyepi atau Tahun Baru Saka.

    Umat Hindu melakukan kunjungan ke rumah keluarga atau tetangga untuk silaturahmi dan saling memaafkan satu sama lain.

    Selain itu, untuk meningkatkan kesadaran akan keselamatan berlalu lintas, personel Subsatgas Dikmas Polres Gianyar juga melakukan pembagian brosur Ops Keselamatan Agung 2024 kepada pengguna jalan.

    Kabag Ops Polres Gianyar Kompol Gusti Ngurah Yudistira selaku Karendalops mengatakan, bahwa Ops Keselamatan Lalu Lintas Agung 2024 merupakan upaya yang dilakukan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berlalu lintas serta meningkatkan kualitas keselamatan dan mengurangi tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas di wilayah Kabupaten Gianyar.

    Baca Juga:  Jelang Pilkada, Polda Bali Temui Diskominfos Bali

    “Tujuannya adalah terciptanya kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas),” ujar Kompol Gusti Ngurah Yudistira.

    Pembagian brosur menjadi salah satu langkah strategis dalam mengkampanyekan keselamatan berlalulintas dan mensosialisasikan program Ops Keselamatan Agung 2024 kepada masyarakat.

    “Melalui media ini, informasi mengenai pentingnya patuh terhadap aturan lalu lintas serta keselamatan dalam berkendara disampaikan dengan jelas dan mudah dipahami,” pungkasnya. (ina/kb)

    Back to top button