GianyarPendidikan

Gegara Ini Kunjungan Perpustakaan Nawaksara Meningkat Signifikan

    GIANYAR, Kilasbali.com – Sempat menurun dalam beberapa tahun, kunjungan ke Perpustakaan Nawaksara yang kini berlokasi di Bedulu, Blahbatuh justru meningkat signifikan.

    Bahkan, selama tahun 2023 kunjungannya mencapai 182.371 orang. Peningkatan kunjungan ini tak lepas dari layanan yang diberikan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gianyar.

    Kepala Bidang  Layanan dan Pelestarian Perpustakaan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gianyar,  I Wayan Budi Sastra, Senin (18/3) mengatakan, rata-rata kunjungan per hari mencapai 40-45 pengunjung, baik dari kalangan pelajar, mahasiswa dan umum.

    “Aktivitas mereka beragam, mulai mencari daftar pustaka, bahkan ada yang hanya mencari wifi untuk searching,” ujarnya.

    Baca Juga:  Begini Solusi Dualisme Pasar Senggol Gianyar

    Menariknya, kunjungan masyarakat ke perpustakaan itu tak hanya dilakukan secara offline, langsung ke gedung perpustakaan, namun juga online.

    Bahkan kunjungan online mendominasi data Dinas Perpustakaan. Di mana puncak kunjungan online terjadi pada bulan Juli, sekitar 159.195 orang.

    “Mereka yang mencari referensi biasa berkunjung ke online dulu, berkunjung ke aplikasi, layanan pendaftaran online, atau melihat koleksi. Kalau ketemu mereka offline langsung datang ke Gedung Layanan Perpustakaan, untuk mencari buku yang mereka inginkan,” jelasnya.

    Baca Juga:  Roadshow, Wisnu Temui Sulinggih dan Aktif di Medsos

    Sementara Perpustakaan Keliling , sistem jemput bola, ke sekolah dan masyarakat. Kegiatan itu rutin setiap hari ke sekolah-sekolah se-Kabupaten Gianyar.

    “Kami memanfaat 4 armada kendaraan Pusling. Saat Pusling team pusling melakukan promosi keberadaan perpustakaan dan pembudayaan gemar membaca, untuk meningkat literasi,” ujar Bidi.

    Menurut Bidi, meningkatnya jumlah kunjungan ke perpustakaan ini, seiring dengan meningkat layanan yang diberikan pada Gedung Perpustakaan, seperti layanan sirkulasi, internet gratis, layanan baca ditempat.

    Baca Juga:  PPDB 2024 di Gianyar Nihil Siswa Tercecer, Dewan Apresiasi Pj Bupati

    Bahkan, koleksi  buku jumlah koleksi 24.000 eksemplar, layanan ruang baca anak, layanan pandang dengar, dan layanan Gianyar Science Centre, berupa alat peraga iptek di lantai 3 gedung.

    “Selain promosi dan sosialisasi lewat perpustakaan keliling dan medsos,” jelasnya. (ina/kb)

     

    Back to top button