Denpasar

Musrenbang RKPD Kota Denpasar Tahun 2025, Arya Wibawa Pukul Gong

    DENPASAR, Kilasbali.com – Untuk membahas rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025, Pemkot Denpasar menyelenggarakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Daerah Kota Denpasar.

    Kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, yang ditandai dengan pemukulan gong di Ruang Sewaka Mahottama Graha Sewaka Dharma Lumintang, Selasa (19/3).

    Pelaksanaan Musrenbang RKPD Kota Denpasar ini sendiri ditujukan meningkatkan kualitas perencanaan dan akuntabilitas untuk meningkatkan kesejahteraan dan kebahagiaan masyarakat.

    Tampak hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar, I Wayan Mariyana Wandhira; Sekretaris Daerah Kota Denpasar, IB Alit Wiradana; dan Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma.

    Dalam sambutan Wali Kota Denpasar, IGN Jaya Negara, yang dibacakan Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, disebutkan, tahun 2025 merupakan awal pelaksanaan hasil pilkada serentak.

    Baca Juga:  Danrem 163/Wira Satya Siapkan Sanksi Tegas Jika Prajurit Terlibat Judol

    Selain itu, di tahun 2025 sesuai dengan dokumen RPJMD Semesta Berencana Kota Denpasar tahun 2021-2026 merupakan rentang implementasi tahun ke-4 perwujudan visi misi pembangunan.

    “Dengan adanya pilkada serentak di tahun 2024 ini, rentang waktu implementasi RPJMD 2021-2026 menjadi lebih pendek. Oleh karena itu, diperlukan percepatan untuk mewujudkan Denpasar yang MAJU yakni Makmur, Aman, Jujur, dan Unggul,” ujarnya.

    Berkaitan dengan itu, pihaknya melakukan percepatan khususnya pembangunan di sektor insfrastruktur dasar, penyediaan pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat.

    “Maka dari itu, tema pembangunan di Kota Denpasar tahun 2024 adalah ‘mempercepat pembangunan insfrastruktur dan peningkatan kualitas SDM untuk pertumbuhan yang berkualitas,” ucap Arya Wibawa.

    Arya Wibawa menegaskan, pendidikan dan kesehatan sebagai urusan wajib pelayanan dasar masih merupakan sektor utama yang menjadi prioritas pembangunan Kota Denpasar pada tahun 2025.

    Baca Juga:  AST! Angkatan Darat Australia Kunjungi Kodam IX/Udayana

    Pada pemenuhan sektor pendidikan pada tahun 2024 ini akan dilaksanakan pembangunan dan perbaikan gedung sekolah dasar sebanyak 11 sekolah dasar.

    “Dan untuk di tahun 2025 juga akan dilaksanakan pembangunan gedung untuk melengkapi kebutuhan di SMPN 14 di Denpasar Timur, SMPN 16 dengan menambah ruang kelas baru serta direncanakan pembangunan gedung sekolah SMPN 17, sekaligus melengkapi sarana prasarana untuk memenuhi kebutuhan kegiatan belajar mengajar di SD dan SMP, ” imbuh Arya Wibawa.

    Baca Juga:  DPR RI Kunker ke Kodam IX/Udayana

    Kepala Bappeda Kota Denpasar, I Putu Wisnu Wijaya Kusuma mengatakan, Musrenbang RKPD Kota Denpasar Tahun 2025 dilaksanakan hari Selasa-Kamis, 19-21 Maret 2024, yang diikuti oleh Forkompimda Kota Denpasar, pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, perguruan tinggi, Kelompok Ahli Pembangunan Kota Denpasar, kelompok masyarakat, serta unsur terkait lainnya. “Berjumlah kurang lebih sebanyak 150 peserta, yang hadir secara daring maupun luring,” ujarnya.

    Wisnu menjelaskan, jumlah usulan kegiatan yang telah disampaikan oleh seluruh perangkat daerah Kota Denpasar untuk tahun 2025 sebanyak 153 program yang dituangkan ke dalam 381 kegiatan dan 983 subkegiatan, dengan total nilai usulan sebesar Rp3.432.579.118.824. (m/kb)

    Back to top button