Badung

Satpol PP Ujung Tombak Penegakan Perda, Bupati Giri Prasta Ungkap Ini

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Bupati Badung, Nyoman Giri Prasta menyampaikan rasa bangga dan apresiasinya atas dedikasi dan pelaksanaan tugas lainnya yang dilakukan dengan baik oleh Satpol PP dan Satlinmas. Kinerja tersebut dikatakan telah membuat kepercayaan publik kepada Satpol PP dan Satlinmas saat ini menjadi semakin baik.

    Hal itu dikatakan Bupati Giri Prasta seusai mengikuti Apel Gelar Pasukan dalam rangka HUT ke-74 Satpol PP dan HUT ke-62 Satlinmas Tahun 2024 Provinsi Bali yang dipusatkan di Lapangan Puspem Badung, Mangupraja Mandala, Jumat (22/3/2024).

    “Sebagaimana tercantum dalam Pasal 255 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor: 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Satpol PP memiliki peran besar dalam memelihara dan menyelenggarakan ketertiban umum, perlindungan masyarakat, serta menegakkan peraturan daerah Perda. Ini artinya Satpol PP memiliki tugas utama dan ujung tombak untuk menegakkan peraturan daerah,” katanya.

    Bertindak selaku Inspektur Upacara Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, turut hadir jajaran Forkopimda Provinsi Bali dan Kabupaten Badung, anggota DPRD Badung, Sekda Wayan Adi Arnawa bersama jajaran kepala OPD Pemkab Badung serta Perbekel/Lurah se-Badung.

    Baca Juga:  Gathering Bali Fashion Trend 2024 Pamerkan Karya 12 Desainer

    Bupati Giri Prasta menambahkan, saat ini Pemerintah Kabupaten Badung juga telah membentuk Satpol PP Pariwisata yang ditugaskan di sejumlah objek wisata yang dianggap paling strategis.

    Adapun tugas pokoknya untuk mencegah potensi gangguan ketentraman, ketertiban, dan keamanan di kawasan daerah tujuan wisata, memberikan informasi dan mengedukasi kepada turis asing/nusantara sampai ke pelaku usaha wisata tentang apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

    “Pada kesempatan ini saya juga mengingatkan jajaran Satpol PP dan Satlinmas Kabupaten Badung agar mendukung pelaksanaan Pilkada 2024 mendatang. Gelaran tersebut merupakan pilkada pertama yang digelar secara serentak seluruh Indonesia. Anggota Satpol PP dan Satlinmas berperan penting dalam menyukseskan Pilkada 2024,” pungkasnya.

    Baca Juga:  Pemerataan Ekonomi untuk Sejahterakan dan Bahagiakan Masyarakat Badung

    Sementara Pj. Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Giri Prasta yang telah memfasilitasi penyelenggaraan HUT ke-74 Satuan Polisi Pamong Praja dan HUT ke-62 Satuan Perlindungan Masyarakat Provinsi Bali menuju Bali tertib guna mendukung pariwisata budaya Bali yang berkelanjutan, dirinya merasa bangga terkait loyalitas dan kinerja yang telah ditunjukkan selama ini oleh Satpol PP dan Satlinmas.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Lokasi Larangan Menaikkan Layangan di Bali

    “Satpol PP harus proaktif dalam tugasnya untuk membantu Kepala Daerah dalam penegakan Perda dan Perkada guna menjaga keamanan dan ketentraman serta menyukseskan pembangunan daerah. Satlinmas berfungsi untuk membantu Kepala Daerah dalam menjaga keamanan guna mensukseskan pembangunan desa, yang diharapkan Satpol PP dan Satlinmas dapat terus meningkatkan kemampuannya, semangat, disiplin, melaksanakan tugas sesuai SOP, jangan arogan dan bersikap humanis dan selalu membantu masyarakat termasuk wisatawan,” tegasnya. (m/kb)

    Back to top button