News Update

Ini Dia Juara PLN Journalist Awards 2023 untuk Peliputan di Bali

    JAKARTA Kilasbali.com – Dua nominasi liputan seputar kelistrikan di Bali meraih juara pada ajang PLN Journalist Awards 2023, yang berlangsung di Ruang Auditorium PLN Kantor Pusat Jakarta, Rabu (20/3/2024) malam.

    Ajang tahunan ini menjadi momentum apresiasi PLN terhadap insan media yang telah berkontribusi dalam penyebarluasan informasi kelistrikan.

    PLN Journalist Awards 2023 kali ini mengambil tema “Energi Ramah Lingkungan Membangun Keberlanjutan dan Tingkatkan Kesejahteraan”.

    Dalam ajang ini melombakan 6 kategori yang terdiri dari karya tulis hard news, karya tulis feature, hard news audio visual, feature audio visual, foto tunggal dan foto bercerita.

    Adapun nominasi peliputan kelistrikan di Bali, yang memperoleh juara adalah Satriyo Adi Wicaksono dari media CNN Indonesia sebagai juara pertama kategori feature audio visual dengan karya yang berjudul “Jurus Maju Petani Muda ala Gung Weda”.

    Baca Juga:  Sekaa Teruna di Badung Jaga Identitas dan Kekayaan Bali

    Berikutnya Nyoman Hendra Adhi Wibowo dari media Antara meraih juara ketiga dalam kategori foto tunggal dengan karya yang berjudul “Program Literasi Desa”.

    Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam sambutannya mengatakan, ajang ini bertujuan membangun komunikasi hangat antara PLN dengan media atas kerjasama yang terjalin selama ini.

    Kegiatan yang sudah berlangsung 4 kali ini dikatakannya akan terus berlanjut sebagai bentuk dukungan PLN kepada media untuk terus berkarya.

    “Ini menjadi sumbangsih PLN kepada rekan rekan media sehingga dibentuklah PLN Journalist Awards,” ungkapnya.

    Ia mengatakan bahwa pada 2023 lalu PLN telah meraih 790 awards. Prestasi tersebut diakuinya tiada lain atas campur tangan jurnalis yang mampu menyajikan berita baik dari PLN.

    Baca Juga:  Atlet Tarung Derajat Jatim Latih Tanding ke Bali, Bambang Haryo Soekartono Kecewa

    “Terimakasih dan selamat berjuang kepada rekan rekan jurnalis. Jangan ini dilihat sebagai kompetisi tapi ini sebagai penghargaan bagi Jurnalis di Indonesia,” terangnya.

    Mewakili Dewan Juri, Pimpinan Redaksi Media Kumparan, Arifin Arsyad mengatakan, ajang ini memberikan kesempatan para jurnalis untuk membuat karya yang lebih baik.

    “Kami mengapresiasi PLN yang sudah menyelenggarakan PLN Journalist Awards. Ini memacu jurnalis untuk membuat karya lebih baik lagi. Dari tulisan ini kami juga menjadi paham jika PLN sudah melakukan banyak hal untuk transisi energi,” terangnya.

    Baca Juga:  Duta Kabupaten Badung Raih Juara Umum PKB XLVI/2024

    Sementara itu, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali, I Wayan Udayana mengapresiasi rekan – rekan jurnalis yang telah menyebarluaskan informasi ketenagalistrikan melalui tulisan dan foto yang menjadi karyanya. Apresiasi ini diwujudkan melalui ajang PLN Journalist Awards yang telah terselenggara untuk keempat kalinya.

    “Dan tahun ini rekan jurnalis juga mampu memperoleh juara dengan meliput upaya pejuang kelistrikan di Bali. Ini berarti upaya yang dilakukan oleh pejuang kelistrikan di Bali telah disebarluaskan dengan baik. Kami turut berbangga dan berharap ajang ini mampu menumbuhkan semangat bagi rekan jurnalis untuk konsisten tanpa meninggalkan ketajaman dan netralitas dalam menelurkan karya – karyanya,” tutup Udayana. (m/kb)

    Back to top button