BirokrasiPendidikanTabanan

Komisi IV DPRD Tabanan Ingatkan PPDB Dipersiapkan Lebih Dini

    TABANAN, Kilasbali.com – Komisi IV DPRD Tabanan mengingatkan pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan melakukan persiapan lebih dini untuk penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2024-2025. Meski, pelaksanaan PPDB tersebut baru akan dilaksanakan pada Juni dan Juli 2024 mendatang.

    Persiapan lebih dini tersebut untuk mengurangi potensi persoalan yang kerap muncul saat pelaksanaan PPDB tiap tahunnya. Di antaranya, penumpukan calon siswa yang melakukan pendaftaran pada sekolah-sekolah tertentu yang selama ini dianggap favorit di masing-masing kecamatan.

    Baca Juga:  Lapas Tabanan Tes Urine Pastikan WBP Rehab Bebas Narkotika

    Ketua Komisi IV DPRD Tabanan, I Gusti Komang Wastana, berharap proses PPDB nanti bisa dilakukan dengan penyebaran calon siswa yang merata. Sehingga hal ini bisa memupus ketimpangan daya serap siswa antara satu sekolah dengan sekolah lainnya.

    “Meski PPDB baru tiga bulan lagi, kami di Komisi IV mengingatkan Disdik Tabanan untuk melakukan perencanaan yang matang. Apalagi nanti ada sistem PPDB online,” ujar Wastana, Selasa (26/3).

    Baca Juga:  Koster Sebut Komunikasi dengan De Gadjah Masih Lanjut

    Pihaknya mendorong adanya ketegasan dari sisi zonasi. Pihaknya tidak menginginkan adanya calon siswa yang bertempat tinggal di dekat sekolah justru tidak kebagian sekolah hanya karena persoalan administrasi.

    “Pemerataan jumlah siswa perlu diperhatikan. Jangan sampai ada sekolah yang overload. Padahal masih ada sekolah yang kekurangan siswa,” tegasnya.

    Wastana menyebutkan, pihaknya akan segera melakukan rapat kerja dengan Disdik Tabanan terkait persiapan pelaksanaan PPDB tersebut. Dengan harapan, sistem dan mekanisme PPDB disosialisasikan lebih awal kepada calon siswa di masing-masing sekolah. Baik pada jenjang SD maupun SMP.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Hendak Bangun Taman Perjuangan, Ditarget Selesai Akhir 2024

    Menurutnya, dalam setiap reses pihaknya di Komisi IV selalu mengimbau masyarakat untuk melakukan pendaftaran PPDB di sekolah-sekolah terdekat yang sesuai zona tempat tinggal mereka.

    “Saya berharap semua pihak dapat berpartisipasi aktif dan saling mengawasi pelaksanaan PPDB 2024 ini,” tukasnya. (c/kb).

    Back to top button