News Update

Amankan Jalur Mudik 2024, Polres Tabanan Atensi Dua Ruas Jalan Ini

    TABANAN, Kilasbali.com – Kepolisian Resor atau Polres Tabanan bersiap melaksanakan pengamanan mudik 2024 dengan operasi bersandi Ketupat Agung.

    Dalam kegiatan pengamanan yang akan berlangsung sepanjang 4-16 April tersebut, dua ruas jalan akan mendapatkan atensi atau perhatian lebih dari sisi pengamanan.

    Kedua ruas jalan itu yakni sepanjang Pos Polisi (Pospol) Dakdakan-Adipura atau sepanjang Jalan Ahmad Yani dan Bypass Ir Soekarno di Kecamatan Kediri dan Tabanan. Selanjutnya jalur di sepanjang objek wisata Ulun Danu Beratan di Kecamatan Baturiti.

    Kedua ruas jalan tersebut mendapatkan atensi dikarenakan rawan terjadi kemacetan atau penumpukan arus lalu lintas.

    Baca Juga:  Ini Hasil Paruman Buntut Penutupan Akses Jalan Proyek Milik WNA

    “Karena di dua ruas jalan tersebut rawan terjadi kemacetan,” ungkap Kepala Satuan Lalu Lintas atau Kasatlantas Polres Tabanan, AKP Adrian Rizki Ramadhan, Kamis (28/3).

    Perhatian lebih pada pengamanan dua jalur tersebut sejatinya tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. “Sama seperti tahun-tahun sebelumnya,” kata Adrian.

    Yang membedakan, sambungnya, dalam mudik Lebaran 2024 pihaknya tidak lagi memasukkan tanjakan Samsam yang berada di jalur Denpasar-Gilimanuk ke dalam ruas jalan yang diatensi. “Karena (di titik itu) sudah ada pelebaran jalan. Jadi tidak terlalu signifikan,” jelasnya.

    Baca Juga:  Ini Hasil Paruman Buntut Penutupan Akses Jalan Proyek Milik WNA

    Menurutnya, pengamanan jalur mudik Lebaran 2024 pada nantinya akan bersifat koordinatif. Polres Tabanan tidak akan bekerja sendiri dalam hal pengamanan.

    Ia mengatakan, Polres Tabanan akan bekerja sama dengan polres-polres lainnya yang wilayahnya berada pada jalur mudik.

    Sama seperti sebelumnya, rekayasa lalu lintas atau kebijakan pengaturan lalu lintas tertentu akan dilakukan.

    Ia mencontohkan, pihaknya akan melakukan pencegatan terhadap angkutan berukuran besar di Tabanan bila terjadi penumpukan jumlah kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk yang berada pada wilayah Polres Jembrana. “Pada akhirnya saling koordinasi,” tegasnya.

    Untuk menunjang kelancaran mudik Lebaran 2024, Polres Tabanan juga akan membentuk pos di empat titik.

    Baca Juga:  Ini Hasil Paruman Buntut Penutupan Akses Jalan Proyek Milik WNA

    Keempat pos tersebut terdiri dari tiga pos pengamanan yang tersebar di depan Masjid Al Huda Kediri, objek wisata Tanah Lot, dan objek wisata Ulun Danu Beratan.

    Berikutnya satu pos pelayanan terpadu yang melibatkan Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, dan beberapa unsur lainnya.

    Pos pelayanan terpadu ini akan dibangun di jalur Denpasar-Gilimanuk pada Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat. (c/kb)

    Back to top button