DenpasarSosial

Ini Upaya Pemkot Denpasar Tekan Inflasi di Bulan Ramadan

    DENPASAR, Kilasbali.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Denpasar menggelar Pasar Murah di Dusun Wanasari, Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denpasar Utara, Rabu (27/3).

    Kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai upaya menjaga stabilitas inflasi di bulan Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri tahun 2024.

    Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Denpasar, Ni Nyoman Sri Utari menjelaskan, Pasar Murah ini bertujuan untuk menjaga stabilitas inflasi yang menjelang momen penting seperti bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri.

    Diharapkan dengan pelaksanaan Pasar Murah ini dapat membantu masyarakat memperoleh bahan kebutuhan pokok dengan harga lebih terjangkau daripada di pasaran.

    Baca Juga:  Jelang Pilkada, Polda Bali Temui Diskominfos Bali

    Menurut Sri Utari, harga-harga yang ditawarkan dalam pasar murah jauh dibawah harga pasar. Hal ini lantaran pelaksanaan pasar murah melibatkan distributor langsung dan Pasar Sewaka Dharma.

    Beberapa contoh harga bahan pokok yang ditawarkan adalah beras Pertiwi seharga Rp 77.000 per 5kg, Beras SPHP 52.000  per 5 kg, cabai rawit Rp 36.000/ per kg,minyak goreng Fitri Rp 16.000 per liter dan minyak Kita Rp 15.500 per liter

    “Harga bahan kebutuhan pokok jauh lebih murah dibanding pasaran, diharapkan masyarakat memanfaatkan pasar murah inu sebagai salah satu upaya pengendalian inflasi,” ungkap Sri Utari

    Baca Juga:  Restu Dewata Group Berbagi Sembako Kepada Lansia di Jatiluwih

    Sekretaris II TPID Kota Denpasar sekaligus Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Denpasar, I Wayan Putra Sarjana menjelaskan, kegiatan Pasar Murah ini berlangsung dari tanggal 25 hingga 28 besok dengan tujuan untuk mengendalikan harga bahan pokok dan meningkatkan ketahanan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

    Hal ini dilaksanakan agar inflasi menjelang hari besar keagamaan tetap stabil. Selain itu, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk memberikan kemudahan berbelanja bagi masyarakat.

    Sementara, Perbekel Desa Dauh Puri Kaja, I Gusti Ketut Sucipta, menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar atas terselenggaranya Pasar Murah ini.

    Baca Juga:  Pergelaran Sendratari ‘Homa Yadnya’ Tutup PKB XLVI/2024

    Menurutnya, inisiatif ini sangat membantu warga Dusun Wanasari dalam mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga lebih terjangkau dari pasaran, serta memberikan dukungan dalam kondisi perekonomian saat ini. (m/kb)

    Back to top button