PemerintahanSosialTabanan

Disperindag Tabanan Awasi SPBU Sepanjang Jalur Mudik Lebaran 2024

    TABANAN, Kilasbali.com – Dinas Perindustrian dan Perdagangan atau Disperindag Tabanan turut serta dalam membuat kenyamanan pelaksanaan mudik lebaran 2024.

    Keikutsertaan Disperindag Tabanan ini dilakukan dengan pengawasan terhadap Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di sepanjang jalur mudik lebaran 2024.

    Setidaknya ada delapan SPBU yang menjadi perhatian utama Disperindag Tabanan dalam pelaksanaan mudik kali ini.

    Pengawasan terhadap SPBU tersebut akan dilakukan dengan kegiatan tera atau ulang atau menguji alat ukur dari komponen pengisian bahan bakar.

    Baca Juga:  Dukung Pilkada 2024, Disdukcapil Kebut Perekaman KTP Pemilih Pemula

    “Pengawasan nantinya difokuskan pada SPBU-SPBU yang ada di jalur Denpasar-Gilimanuk yang menjadi lintasan utama mudik,” jelas Kepala Bidang Metrologi Disperindag Tabanan I Wayan Roby Megananta, Jumat (29/3).

    Ia menjelaskan, pengawasan terhadap SPBU di sepanjang jalur mudik ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang berada di bawah pengarahan langsung Direktorat Metrologi pada Kementerian Perdagangan.

    Pengawasan dengan cara melakukan uji alat ukur tersebut dilakukan untuk memberikan jaminan dan perlindungan kepada konsumen agar terhindar dari praktik kecurangan. Sebab kebutuhan terhadap bahan bakar kendaraan tentunya akan meningkat selama musim mudik.

    Baca Juga:  Cegah Keterlibatan dalam Judol, HP Personel Polres Tabanan Dirazia

    “Kami berusaha mencegah terjadinya kecurangan yang dapat merugikan konsumen. Dan, jika ditemukan SPBU yang melakukan kecurangan akan dikenakan sanksi,” tegasnya.

    Sejatinya, sambung Roby, pengawasan ini telah rutin dilakukan pihaknya. Sehingga kegiatan pengawasan jelang mudik ini untuk memastikan kembali alat ukur yang digunakan di masing-masing SPBU telah memenuhi syarat. (c/kb)

    Back to top button