GianyarNews UpdateSeni Budaya

Ini Dia Jegeg Bagus Gianyar 2024 

    GIANYAR, Kilasbali.com – Setelah melalui rangkaian penilaian yang panjang, Jegeg Putu Budhayanti Isyana Dharma berasal dari Desa Batubulan dan Bagus I Made Pradiva Wibawa Ananda berasal dari Desa Singapadu Kaler, yang sama-sama perwakilan dari Kecamatan Sukawati, terpilih sebagai Jegeg Bagus Gianyar Tahun 2024 yang ditetapkan dalam Malam Grand Final Jegeg Bagus Gianyar di Open Stage Balai Budaya Gianyar, Minggu (14/4) malam.

    Penetapan tersebut setelah melewati berbagai proses seleksi hingga menjawab pertanyaan secara lisan dalam malam Grand Final tersebut. Kedua Jebag (Jegeg-Bagus) terpilih akan menjadi duta pariwisata Kabupaten Gianyar dan mewakili Gianyar dalam lomba Jegeg Bagus di tingkat Provinsi.

    Kini Jegeg Isyana dan Bagus Pradiva harus melanjutkan tongkat estafet dari Jegeg Indah (Pande Komang Indah Triroshanti) dan Bagus Owen (Putu Owen Purusa Arta) sebagai Duta Pariwisata Kabupaten Gianyar yang akan mempromosikan pariwisata Gianyar.

    Ketua Umum Semeton Jegeg Bagus Gianyar, I Wayan Gde Mudita Pradhana mengatakan pemilihan Jegeg Bagus Gianyar merupakan acara yang digagas oleh Semeton Jegeg Bagus Gianyar bersama Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar guna memberdayakan dan memberi wadah bagi generasi muda Gianyar dalam memajukan pariwisata di Bumi Seni Gianyar.

    Baca Juga:  Ratusan Anak-anak di Gianyar Masuk Katagori Terlantar

    Selain itu, pelaksanaan Grand Final Jegeg Bagus Gianyar kali ini juga bertepatan dengan ulang tahun Jebag Gianyar ke-15.

    “Pada kali ini Jegeg Bagus Gianyar berulang tahun ke-15 tahun, dan kita rayakan di hari ini. Bukan hanya itu, sejak pertama terpilih sudah banyak melakukan advokasi di bidang masing-masing, mulai dari bidang lingkungan, kesehatan, SDM dan lainnya. Tujuanya adalah untuk menunjukkan jegeg bagus bukan hanya bisa berbicara di panggung tetapi juga hadir di masyarakat untuk memberikan solusi dari masalah di masyarakat dan menjadi jembatan masyarakat,” kata Gde Mudita Pradhana.

    Lebih lanjut, Gde Mudita Pradhana berharap Jegeg-Bagus terpilih mampu membawa misi pengembangan pariwisata Kabupaten Gianyar di ajang yang lebih tinggi.

    Baca Juga:  Duet Perdana Gek Rani feat Aristya, 'Baliku' Lagu Nuansa Adat Budaya Bali

    “Untuk Semeton Jegeg Bagus Gianyar, untuk pemenangnya tentu bisa mengharumkan nama Gianyar dalam pemilihan Jegeg Bagus di tingkat Provinsi Bali. Dan untuk semua finalis, tolong tetap menjadi anak-anak Jegeg Bagus Gianyar, yang benar-benar ada di masyarakat, dengarkan masalah masyarakat, jadikanlah langkah dan solusi untuk kemajuan pariwisata Gianyar, ” tutupnya.

    Ketua Panitia Pemilihan Jegeg Bagus Gianyar Tahun 2024, Kadek Darmawan mengatakan Pemilihan tahun ini mengangkat tema “Gianyar Living Heritage” yang merupakan tagline Dinas Pariwisata Kabupaten Gianyar.

    “Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Gianyar yang telah mendukung penuh kegiatan tahun ini, serta kami senang atas antusias peserta dan penonton saat acara puncak berlangsung yang di luar ekspektasi kami,” ucap Kadek Darmawan.

    Baca Juga:  BIN, TNI/Polri, dan BNPT Sukses Jaga Situasi Kondusif Selama WWF ke-10

    Sementara itu, Jegeg Isyana dan Bagus Pradiva ketika ditemui setelah berakhirnya acara Grand Final Jegeg Bagus Gianyar mengatakan sangat bersyukur bisa proses seleksi hingga bisa terpilih menjadi Jebag Gianyar 2024.

    Mereka berharap dapat melanjutkan tongkat estafet Jebag Gianyar serta membawa nama Gianyar di tingkat selanjutnya. “Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan masyarakat, teman-teman dan keluarga yang telah mendukung. Kami berharap bisa membawa nama Gianyar lebih sukses dan berkembang kedepannya,” kata Jegeg Isyana.

    Ditahun ini, Jegeg Bagus Gianyar ditugaskan untuk memberikan advokasi dan bergerak di bidang sosial masyarakat. “Jadi mohon ditunggu kegiatan-kegiatan dan program kami,” lanjutnya.

    Grand Final Jegeg Bagus Gianyar juga disaksikan Pj Bupati Gianyar Dewa Tagel Wirasa, Sekda Dewa Alit Mudiarta dan para kepala OPD di lingkungan Pemkab Gianyar. (ina/kb)

    Back to top button