KlungkungPendidikan

Funwalk with GenRe, Edukasi Kesehatan Remaja di Bumi Serembotan Klungkung

    KLUNGKUNG, Kilasbali.com – Kegiatan jalan santai dan senam jingle bersama yang dikemas dalam Funwalk with GenRe diharapkan menjadi wadah promosi, komunikasi dan edukasi Forum GenRe Klungkung khususnya pada Kesehatan Remaja.

    Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, I Wayan Suteja pada saat memberi sambutan dalam kegiatan Funwak with GenRe yang dilaksanakan pada Minggu, 21 April 2024 di Lapangan I Dewa Agung Jambe Klungkung.

    “Jalan santai dan rangkaian kegiatan lagi yang dikemas dalam Funwalk with GenRe ini bertemakan For Better Health For Better You, dari tema tersebut diharapkan para remaja bisa lebih peduli dengan kesehatan dan menjaga agar tubuh tetap sehat,” ujarnya

    Selain itu, Funwalk with GenRe di Bumi Serembotan ini juga menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi di kelompok PIK-R se Kabupaten Klungkung.

    Baca Juga:  Atlet Tarung Derajat Jatim Latih Tanding ke Bali, Bambang Haryo Soekartono Kecewa

    “Kegiatan ini dihadiri oleh 18 sekolah SMP dan SMA tingkat kecamatan yang menghadirkan masing-masing 30 peserta setiap sekolahnya. Kami harap ini dapat memperkuat komitmen PIK-R untuk menjalankan program remaja,” harapnya.

    PIK-R sendiri merupakan singkatan dari Pusat Informasi Konseling Remaja. Siswa-siswi anggota PIK-R berperan aktif sebagai konselor sebaya dengan tujuan supaya siswa lebih akrab dan leluasa dalam menyampaikan keluh kesahnya.

    Sementara GenRe atau generasi berencana merupakan wadah bagi remaja yang diusung oleh BKKBN untuk menjalankan program penyiapan kehidupan keluarga bagi remaja.

    Baca Juga:  Chili dan Bali Jajaki Kerjasama Pertanian, Mahendra Jaya Ungkap Ini

    Sementara itu, PJ Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika mengapresiasi kegiatan remaja yang sangat bermanfaat ini.

    “Agenda funwalk ini menjadi sesuatu yang sangat penting, karena tidak hanya sekadar jalan santai biasa tapi juga menjadi salah satu tempat edukasi berbagai informasi terkait penyiapan keluarga bagi remaja khususnya kesehatan remaja. Kami berharap ini bisa dilaksanakan secara rutin,” ucapnya.

    Tidak hanya mengapresiasi kegiatan tersebut, I Nyoman Jendrika juga memberikan selamat kepada PIK-R SMP Paramarta yang telah menjadi pemenang dalam PIK R Percontohan tk Provinsi Bali kategori Berani (Segmentasi Usia 10-14 Tahun).

    “tentunya ini dapat dijadikan sebagai acuan dan motivasi bagi PIK-R lainnya untuk tetap semangat dalam bekarya,” terangnya.

    Setelah kegiatan jalan santai bersama, kegiatan ini dilanjutkan dengan hiburan yang dibawakan langsung oleh finasil Duta GenRe Kab Klungkung.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Lokasi Larangan Menaikkan Layangan di Bali

    Ketua Pokja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting BKKBN Provinsi Bali yang diwakilkan oleh Putu Eka Aristyani Anggota Pokja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting BKKBN Provinsi Bali berharap kegiatan ini bisa diadaptasi oleh Forum GenRe Kabupaten lainnya.

    “ini menarik, karena ada hiburan yang menjadi media sosialsiasi terkait penyiapan keluarga bagi remaja. Jadi tidak hanya memberikan sosialisasi dalam kelas , inovasi inovasi seperti ini diperlukan agar para remaja tidak jenuh menerima edukasi dan lebih mudah dipahami,” pungkasnya. (dian/bkkbn/kb)

    Back to top button