PolitikTabanan

KPU Tabanan Tetapkan Hasil Pemilu 2024 Tingkat Kabupaten

    TABANAN, Kilasbali.com – Komisi Pemilihan Umum atau KPU Tabanan menetapkan hasil Pemilu 2024 untuk tingkat kabupaten, Kamis (2/5).

    Total ada 40 anggota DPRD Tabanan hasil Pemilu 2024 yang ditetapkan. Jumlah ini mengacu pada kursi yang tersedia di DPRD Tabanan.

    Seluruh anggota DPRD Tabanan tersebut berasal dari empat partai politik.

    Rinciannya, PDIP memperoleh 31 kursi, Golkar empat kursi, Gerindra empat kursi, dan Demokrat satu kursi.

    Baca Juga:  1.542 PPPK Guru-Nakes di Tabanan Jalani Pelantikan

    “Partai PDIP terbanyak peraih kursi, disusul Golkar, Gerindra, dan Demokrat 1 kursi,” ujar Ketua KPU Tabanan I Wayan Suwitra usai Rapat Pleno Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Anggota DPRD Tabanan Terpilih.

    Ia menjelaskan, rapat pleno yang digelar ini serentak di seluruh Indonesia. Khusus untuk Tabanan, ia mengungkap hasil Pemilu 2024 tidak ada gugatan.

    “Selama pleno berjalan aman tidak adanya permasalahan. Hanya ada usulan pembacaan secara rinci oleh Bawaslu,” ungkapnya.

    Baca Juga:  Bupati Tabanan Lepas 36 Calon Jemaah Haji Tabanan ke Tanah Suci

    Nantinya kata Suwitra setelah penetapan pleno terhadap kursi dan calon anggota DPRD Tabanan terpilih nama-nama tersebut lewat berita acara bakal diserahkan ke masing-masing parpol, Bupati Tabanan, Sekwan, Bawaslu hingga Kesbangpolinmas.

    “Setelah diserahkan ke bupati nanti tinggal tunggu pelantikan. Namun ranahnya itu ada pada Menteri Dalam Negeri. KPU tidak ada ranah jadi usai pleno tugasnya susah selesai,” pungkasnya. (c/kb)

    Back to top button