GianyarPolitik

Tak Ada Pilkades, 24 Perbekel di Gianyar Tambah Masa Jabatan

    GIANYAR, Kilasbali.com – Pemberlakukan UU No 3/2024 sejak April lalu, di tahun 2024 dipastikan tidak ada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

    Karena itu, sejumlah Perbekel yang akan memasuki tahun akhir, kini diperpanjang 6 tahun menjadi 8 tahun.

    Kepala Dinas PMD Gianyar, Dewa Ngakan Ngurah Adi menjelaskan, untuk tahun 2024 ini, sebanyak 24 Perbekel mengakhiri masa jabatan.

    “Ke 24 Perbekel itu mengakhiri masa jabatan pada 24 Oktober 2024,” jelas Ngakan Ngurah Adi, Kamis (16/5).

    Baca Juga:  Begini Solusi Dualisme Pasar Senggol Gianyar

    Dengan telah diberlakukan UU No 2 Tahun 2024, maka di Kabupaten tidak ada Pilkades.

    Disebutkan dalam pasal 118, bahwa Perbekel yang mengakhiri masa jabatan di tahun 2024 bisa diperpanjang selama 2 tahun terhitung masa jabatan 6 tahun berakhir.

    “Ini berlaku untuk Perbekel yang duduk di periode 1 dan 2, hanya saja bagi Perbekel yang di periode 2 nanti tidak bisa mencalonkan diri lagi,” bebernya.

    Baca Juga:  Bawaslu Tabanan Temukan Pantarlih Tak Lakukan Coklit

    Diantara Perbekel yang mengakhiri masa jabatan adalah Desa Kedisan, Kendran, Kemenuh, Celuk, Puhu, Surat, Siangan, Kedewatan.

    Dirinya mendapat sambutan yang baik dari 24 Perbekel yang masa jabatannya diperpanjang.

    Sedangkan untuk perpanjangan masa jabatan tersebut, Bupati Gianyar mengeluarkan SK Perpanjangan masa jabatan sesuai dengan Undang-undang nomor 3 Tahun 2024.

    Ditambahkan, terdapat 3 desa yang melaksanakan Pilkades, karena masa jabatan Perbekel berakhir sebelum UU Desa disahkan.

    Desa tersebut adalah Sayan, Manukaya dan Sebatu. Sehingga anggaran Pilkades hanya diberlakukan untuk tiga desa tersebut. (ina/kb)

    Back to top button