DenpasarEkonomi Bisnis

Pemkot Denpasar Tekan Angka Inflasi Lewat Pasar Murah Sewaka

    DENPASAR, Kilasbali.com – Menekan angka inflasi gencar dilaksanakan Pemkot Denpasar. Melalui gerai Sewaka Jaya, Unit Usaha Perumda Pasar Sewakadarma, Pemkot Denpasar menggelar Pasar Murah, Jumat (17/5) di Plaza Pasar Badung, Kota Denpasar.

    Pelaksanaan Pasar Murah telah ditunggu masyarakat yang datang berkunjung ke Pasar Badung. Kebutuhan pokok dari beras, bumbu dapur, sayur mayur, telur ayam merah, daging ayam, hingga minyak goreng dapat dibeli masyarakat di Pasar Murah Sewaka Jaya dengan harga lebih terjangkau.

    “Kami selaku Tim Pengendalian Inflasi Daerah, Kota Denpasar menggelar pasar murah untuk memberikan akses kepada konsumen dalam membeli bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau, membantu mencegah lonjakan harga yang berlebihan,” ujar Direktur Utama Perumda Pasar Sewakadarma, Ida Bagus Kompyang Wiranata di sela-sela kegiatan Pasar Murah Sewaka Jaya.

    Lebih lanjut Ida Bagus Kompyang Wiranata menyampaikan, dengan menawarkan barang-barang konsumsi pokok dengan harga terjangkau, pasar murah dapat membantu menciptakan stabilitas dalam penawaran dan permintaan, mengurangi fluktuasi harga yang tajam.

    Baca Juga:  Kanwil DJP Bali dan Kodam IX/Udayana Tekan Kerja Sama terkait Sinergi

    Pasar murah dapat memicu persaingan antara pedagang, mendorong mereka untuk menawarkan harga yang lebih kompetitif, yang pada gilirannya dapat membantu mengendalikan harga di pasar secara keseluruhan.

    “Dengan memungkinkan masyarakat membeli barang-barang kebutuhan dasar dengan harga yang lebih rendah, pasar murah dapat meningkatkan daya beli masyarakat, yang pada gilirannya dapat mengurangi tekanan inflasi. Secara keseluruhan, tujuan dari menggelar pasar murah adalah untuk membantu menstabilkan harga-harga bahan pokok dan mengurangi tekanan inflasi, sambil memberikan manfaat langsung kepada masyarakat dalam memenuhi kebutuhan dasar dengan lebih terjangkau,” ujarnya.

    Ditambahkan pula bahwa, harga bahan pokok di pasar murah Sewaka Jaya telah disubsidi sebesar Rp. 5000 per Kg. Seperti harga daging ayam ras 1 Kg di pasar murah dijual Rp. 35.000, telur ayam 1 krat Rp. 43 .000, minyak goreng Rp. 15.000, beras pertiwi Rp. 69.000, dan beras SPHP Rp. 57.000. untuk harga bumbu dapur dari kisaran harga Rp. 35.000 hingga Rp. 55.000. “Tentu harga di Pasar Murah Sewaka Jaya lebih terjangkau dari harga di pasaran,” ujarnya.

    Baca Juga:  DPR RI Kunker ke Kodam IX/Udayana

    Sementara salah satu pengunjung Pasar Murah Sewaka Jaya, Made Sudiada menyampaikan, apresiasi pelaksanaan pasar murah ini. “Sangat membantu sekali pelaksanaan pasar murah ini, terlebih dalam situasi harga bahan pokok yang mengalami kenaikan, semoga ini dapat terus berlanjut,” ujar Made Sudiada. (m/r/kb)

    Back to top button