NasionalSeni Budaya

Dekranasda Bali Meriahkan Karnaval HUT ke-44 Dekranas

    SURAKARTA, Kilasbali.com – Pj Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bali, drg. Ida Mahendra Jaya meriahkan Karnaval Kriya dan Budaya Indonesia (Parade) serangkaian dengan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekrasnas) di Jalan Brigadir Jenderal Slamet Riyadi, Taman Sriwedari, Surakarta, Jawa Tengah, Rabu (15/5).

    Tampak Ida Mahendra berbaur dengan peserta karnaval mobil hias Bali, dan turut serta turun ke jalanan dan berparade. Peserta karnaval dari Bali tampil dengan busana pengantin adat Bali yang menaiki mobil hias berbalut janur dan hiasan khas Bali.

    Ida Mahendra yang mengenakan busana adat berupa kebaya berwarna oranye tampak berjalan, dan sesekali melambaikan tangan kepada penonton, dan tamu kehormatan di panggung VIP.

    Ia juga berkesempatan mengobrol dan mengucapkan terima kasih kepada peserta pawai karena telah turut serta memeriahkan parade ini dengan membawa nama Bali. Tak lupa ia pun menyemangati para peserta untuk terus tampil secara maksimal hingga panggung kehormatan, tempat Ibu Negara Iriana Joko Widodo menonton.

    Baca Juga:  Serahkan Hibah Rp 2,1 Miliar di Tampak Gangsul, Bukti Konkret Komitmen Bupati Giri Prasta Ringankan Masyarakat Bali

    Selama parade berlangsung, Ida Mahendra Jaya juga sangat antusias menonton perwakilan Provinsi lain di Indonesia. Sambil bercengkrama dengan Ketua Dekranasda Provinsi lain, ia pun memuji perwakilan provinsi se-Indonesia yang sangat memukau dan penuh semangat.

    Sebelumnya, terlihat Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan didampingi oleh anggota OASE Kabinet Indonesia Maju serta istri Wali Kota Surakarta Selvi Ananda, ikut memeriahkan parade dengan menaiki kendaraan berhias Rajamala sebagai tanda dibukanya Pawai Kriya dan Budaya Indonesia pada sore itu.

    Ibu Negara pun tiba di panggung kehormatan yang dikonsep layaknya stasiun dengan dilengkapi lokomotif kereta uap Jaladara. Pada kesempatan tersebut, Iriana menerima penghargaan MURI atas pawai terpanjang.

    Sementara itu, Ketua Harian Dekranas Tri Suswati Tito Karnavian mengatakan, Karnaval Kriya dan Budaya Indonesia tahun 2024 dimeriahkan sekitar 104 kendaraan hias dan 1.250 peserta dari berbagai daerah baik dari Dekranas maupun PKK se-Indonesia.

    Sebelumnya, di tempat terpisah Ida Mahendra Jaya menghadiri Upacara Pembukaan HUT ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) di Hotel Alila, Surakarta, Rabu (15/5).

    Sebelum upacara pembukaan HUT diselenggarakan, Ida Mahendra Jaya tampak berbincang dengan Ketua Dekranasda seluruh Indonesia. Selain bertukar kabar, pada kesempatan tersebut tampak juga Ketua Dekranasda seluruh Indonesia bertukar program-program Dekranasda yang telah atau akan berlangsung.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Hendak Bangun Taman Perjuangan, Ditarget Selesai Akhir 2024

    “Ini adalah kesempatan bagus menurut saya, karena saya bisa bertemu dengan rekan-rekan Ketua Dekranasda sekaligus bertukar informasi tentang program-program Dekranasda di masing-masing Provinsi,” kata Ida Mahendra.

    Acara pada pagi itu dibuka langsung oleh Pembina Dekranas Indonesia sekaligus Ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dalam acara yang dipandu oleh Raffi Ahmad dan Ayu Dewi tersebut, Ibu Negara sempat menyapa tamu undangan yang hadir dari seluruh Provinsi di Indonesia.

    Ia pun memuji para tamu undangan yang didominasi oleh perempuan tersebut dengan mengenakan baju tradisional daerah masing-masing. “Saya sempat pangling, karena ibu-ibu semua yang hadir di sini memakai kain masing-masing daerah,” katanya yang hadir didampingi oleh anggota OASE Kabinet Indonesia Maju.

    Baca Juga:  Ulmen Sembahyang Bersama di Pura Sarin Bwana, Sekda Adi Arnawan Mepunia

    Acara tersebut dibuka dengan pemukulan gong dan pemotongan tumpeng yang diberikan kepada pengurus Dekranas Pusat.

    Sementara Ketua Umum Dekranas, Wury Ma’aruf Amin mengatakan, selama 44 tahun ini, Dekranas menjadi tonggak dalam pengembangan kerajinan dan produk kekayaan Indonesia untuk bisa dilirik di mata internasional. Ia pun meminta para pelaku usaha terus adaptif, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran.

    Ketua Panitia Dekranas Expo 2024, Loemongga Agus Gumiwang mengatakan rangkaian HUT Dekranas diawali pada Mei lalu dengan pelaksanaan pelatihan pendampingan dan workshop, sera bazar sembako murah.

    Ia pun melanjutkan, mulai hari ini hingga empat hari ke depan, ada Expo di Pura Mangkunegaraan yang diikuti oleh 257 stand kerajinan kebanggaan Indonesia, stand kuliner nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para perajin, serta panggung hiburan musik yang diisi artis ternama. (m/kb)

    Back to top button