BadungNews Update

Kodam Udayana Kerahkan Belasan Ranpur Amankan WWF

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Rangkaian hari ketiga World Water Forum ke-10, Senin (20/5/2024) Presiden RI Joko Widodo membuka secara resmi KTT WWF Ke 10 di Bali International Convention Center (BICC), Nusa Dua, Bali.

    Presiden RI terlebih dahulu melakukan penyambutan para Kepala Negara yang hadir, untuk kemudian bersama-sama mengikuti Opening Ceremony di Mangapura Hall BICC. Tercatat para pemimpin dunia hadir di High Level Meeting (HLM) tersebut.

    Pada hari yang sama, akan dilakukan Opening Fair & Expo World Water Forum ke-10. Selanjutnya Parliamentary Meeting akan digelar di Pecatu 3 dan 5, Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

    Usai pertemuan-pertemuan tersebut para Kepala Negara, Delegasi dan peserta World Water Forum akan berkunjung ke Kawasan Mangrove Taman Hutan Raya (Tahura) I Gusti Ngurah Rai. Rangkaian hari ketiga akan ditutup dengan Cultural Parade di Bali Collection.

    Baca Juga:  Kementerian Pertahanan RI Sosialisasi PKBN di Bali

    Terkait hal tersebut, para personel Satuan Tugas Pengamanan Wilayah (Satgas Pamwil) dari Kodam IX/Udayana yang terbagi dalam beberapa Sub Satgas telah memasuki kedudukan (insert) masing-masing sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya, termasuk pada Sub Satgas Pengamanan Tempat Kegiatan yang melaksanakan pengamanan Ring II dan III di seluruh obyek yang dikunjungi VVIP.

    Dansubsatgas Pengamanan Tempat Kegiatan, Kolonel Arh Teguh Waluyo mengungkapkan, pihaknya saat ini melaksanakan pengamanan di seluruh venue selama berjalannya kegiatan untuk mengeliminir dan mencegah berbagai ancaman yang dapat mengganggu berjalannya kegiatan KTT WWF ke 10.

    “Kami menerjunkan ratusan personel yang terbagi menjadi 4 kelompok untuk mengamankan lokasi atau venue kegiatan di Kawasan BICC, BNDCC, GWK dan Tahura. Dikarenakan venue di BICC ini adalah lokasi inti, maka kita juga menyiagakan belasan Kendaraan Tempur (Ranpur) dan Kendaraan Taktis (Rantis) untuk mengamankan VVIP apabila terjadi chaos (kekacauan) atau hal-hal yang tidak kita inginkan,” jelas Dansubsatgas didampingi Danplek Pam BICC Letkol Cpn I Gede Winarsa.

    Baca Juga:  Pemerataan Ekonomi untuk Sejahterakan dan Bahagiakan Masyarakat Badung

    Terkait dengan pencegahan gangguan keamanan, Kolonel Teguh Waluyo mengungkapkan bahwa H-5 sebelum kegiatan pihaknya telah melaksanakan patroli-patroli kemanan di sekitar lokasi kegiatan. Sub Satgas Pengamanan Tempat Kegiatan juga telah berkoordinasi dengan semua pihak terkait, baik itu dari penyelenggara acara, Event Organizer (EO), Paspampres, hingga management tempat kegiatan, guna meyakinkan keamanan.

    Baca Juga:  Ini Dia Perda Lokasi Larangan Menaikkan Layangan di Bali

    “Kami mengharapkan semua kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar, aman dan terkendali, sehingga dapat menjadikan Bali sebagai cerminan keamanan di Indonesia. Selain itu, kami juga berharap agar masyarakat di Bali dapat mendukung kegiatan KTT WWF, sehingga seluruh rangkaian kegiatan ini dapat berjalan dengan sukses, lancar dan aman,” harapnya. (jus/kb)

    Back to top button