Seni BudayaTabanan

Disbud Klaim Persiapan PKB 2024 Sudah 90 Persen

    TABANAN, Kilasbali.com – Dinas Kebudayaan (Disbud) Tabanan mengklaim persiapan duta seni dalam Pesta Kesenian Bali (PKB) 2024 sudah mencapai 90 persen.

    Bila tidak ada halangan, rencananya duta seni Kabupaten Tabanan akan pentas dalam PKB tingkat kabupaten yang dijadwalkan pada 8-9 Juni 2024.

    Kepala Disdbud Tabanan, I Made Yudiana, mengungkapkan hal tersebut. Menurutnya, tanggal pasti pelaksanaan PKB tingkat kabupaten masih menunggu persetujuan Bupati Tabanan.

    “Rencananya pada 8 dan 9 Juni 2024 untuk PKB kabupaten. Pelaksanaannya di GWS (panggung Garuda Wisnu Serasi),” kata Yudiana, Selasa (21/5).

    Baca Juga:  Ulmen Sembahyang Bersama di Pura Sarin Bwana, Sekda Adi Arnawan Mepunia

    Secara terpisah, Kepala Bidang Kesenian Disbud Tabanan Ni luh Nyoman Sri Suryati memberikan keterangan yang sama.

    Menurutnya, seluruh peserta yang menjalani pembinaan tinggal melakukan penyempurnaan. “Pembinaan dari provinsi juga sudah dilakukan minggu kemarin,” tegasnya.

    Sebelumnya di PKB Tahun 2024 ini Kabupaten Tabanan bakal menampilkan 14 materi. Bahkan ada 1.500 seniman yang bakal dilibatkan untuk menjadi duta Kabupaten Tabanan.

    Baca Juga:  30 Napi Lapas Tabanan Jalani Assessement Lanjutan di Program Rehabilitasi Sosial

    Total anggaran pun ditambah untuk tahun ini sebesar Rp 2,5 miliar lebih.

    Dalam pawai pembukaan PKB 2024 nanti, Tabanan akan menampilkan garapan tematik upacara Ngeraja Swala yang melibatkan sekitar 300 seniman.

    Ngeraja Swala adalah prosesi upacara Menek Kelih (upacara menginjak usia dewasa) yang bertujuan memohon kepada Sang Hyang Semara Ratih agar diberikan jalan yang baik dan tidak menyesatkan. (c/kb)

    Back to top button