SosialTabanan

Peringati Hari Lingkungan Hidup Dunia, DLH Tabanan Bagikan Sembako-Semprot Eco Enzyme

    TABANAN, Kilasbali.com – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tabanan memperingati hari Lingkungan Hidup Dunia dengan menggelar pembagian sembako kepada petugas TPA Mandung dan tenaga pengangkut sampah.

    Selain itu, peringatan yang puncaknya pada Rabu (5/6) itu juga disertai dengan penyemprotan eco enzyme di areal TPA Mandung. Khususnya pada titik-titik kemunculan asap dan potensi kemunculan api.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Usulkan Revitalisasi Pasar Taman Sari ke Pemprov Bali

    “Selain itu kami juga melakukan penanaman pohon,” jelas Kepala DLH Tabanan, I Gusti Putu Ekayana, Kamis (6/6).

    Ia menjelaskan, pembagian paket sembako dikhususkan kepada petugas TPA Mandung dan tenaga pengangkut sampah. Total ada 140 paket sembako yang dibagikan.

    Seratus paket di antaranya merupakan kontribusi Yayasan Gayatri yang diberikan kepada tukang angkut sampah dan sisanya 40 paket dibagikan kepada staf di TPA Mandung.

    Baca Juga:  Banggar-TAPD Bahas KUA/PPAS, Pendapatan APBD 2025 Dirancang Rp 698 M

    Sementara itu, khusus untuk penyemprotan eco enzyme dilakukan sebagai bagian dari proses pemulihan TPA Mandung pasca kebakaran sekaligus mempercepat proses pembusukan sampah.

    “Dengan penyemprotan ini diharapkan tidak ada lagi letupan gas yang berpotensi menimbulkan kebakaran. Ini secara rutin kami laksanakan sore hari,” imbuhnya.

    Penyemprotan eco enzyme ini juga dilaksanakan bersamaan dengan pendinginan yang dilakukan dengan memanfaatkan air pada tandon bantuan BPBD Tabanan.

    Baca Juga:  Ada Pemilih Jauh dari TPS, Bawaslu Tabanan Khawatir Golput Karena Jarak

    “Saat ini (kondisi TPA Mandung) pasca status darurat. Kadang-kadang ada api. Kadang-kadang tidak ada. Kalau ada asap di bawahnya pasti ada bara,” pungkasnya. (c/kb)

    Back to top button