Tabanan

Bungan Desa Ke-52, Bupati Sanjaya Angkat Potensi Pertanian di Desa Payangan, Marga

    TABANAN, Kilasbali.com – Galakkan Transformasi Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat melalui program unggulan Bupati Ngantor di Desa, atau yang biasa disebut “Bungan Desa”.

    Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya didampingi oleh Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Rai Wahyuni Sanjaya tonjolkan potensi Pertanian Jambu Kristal yang dimiliki oleh Desa Payangan, Kecamatan Marga, Tabanan dalam kunjungan Bungan Desa ke-52, Rabu (3/7).

    Yang unik dalam kunjungan Bupati Sanjaya kali ini ialah, Pihaknya menyempatkan untuk bermalam di Desa Payangan, tepatnya di kediaman Pebekel Payangan, 1 hari sebelum kunjungannya.

    Sanjaya di kesempatan itu laksanakan beragam kegiatan yang melibatkan partisipasi Masyarakat, seperti sarapan, ngopi dan jalan-jalan bersama Masyarakat setempat, termasuk hadir ngupasaksi dalam upacara Manusa Yadnya yang dilakukan salah satu warga di banjar Greseh, Payangan.

    Upaya tersebut memberikan kesempatan baginya untuk berinteraksi secara lebih intim dengan masyarakat setempat serta mengenal lebih dekat tantangan yang mereka hadapi.

    Dalam Kunjungan Bungan Desa Ke-52, dengan didampingi oleh para jajaran pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, termasuk Para Asisten Setda, Seluruh Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Marga, jajaran Forkopimcam Marga, hingga TP PKK, dan tokoh Masyarakat setempat, Pemerintah Kabupaten Tabanan Kembali menghadirkan ragam layanan langsung yang bisa dinikmati oleh Masyarakat Desa Payangan.

    Menitikberatkan potensi di bidang pertanian Jambu Kristal yang dikelola oleh Kelompok Tani Kristal Sari Mekar Dusun Bunutin, Desa Payangan Marga, di mana hasil pertanian ini merupakan salah satu upaya dalam pengembangan produk pertanian dan meningkatkan kesejahteraan para petani. Jambu Kristal, dengan teksturnya yang renyah dan rasanya yang manis, memiliki potensi pasar yang sangat besar baik di Tingkat lokal maupun nasional. Ini menjadikan Jambu Kristal memiliki nilai ekonomi yang baik karena permintaan yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

    Baca Juga:  Revitalisasi Pasar Gadarata Tabanan Molor

    Bupati Sanjaya saat itu juga menyampaikan rasa bangganya karena keberhasilan para petani dalam mengembangkan pertanian jambu kristal. Dengan kerja keras para petani serta kolaborasi yang baik antar berbagai pihak, kehadiran kebun Jambu Kristal ini diharapkan dapat menjadi model bagi pengembangan pertanian modern yang berbasis teknologi dan berkelanjutan. Selain berkunjung dan ikut memetik jambu di KT Kristal Sari Mekar, Bupati Sanjaya beserta jajaran juga mengunjungi rumah keluarga stunting Desa Payangan yang berjumlah 4 orang.

    Saat itu pihaknya beserta Bunda Rai selaku orang tua asuh stunting, memberikan batuan paket sembako secara simbolis dan juga memberikan edukasi secara umum kepada keluarga stunting yang berasal dari Br. Bunitin, Br. Alas Sandan, Br. Payangan Kaja dan Br. Payangan Medi. Selanjutnya, rombongan juga kembali meninjau pelayanan Pemkab Tabanan yang dihadirkan di Desa, untuk bisa diakses oleh masyarakat secara mudah dan cepat.

    Dalam wawancara singkat siang hari itu, orang nomor satu di Tabanan tersebut juga menyampaikan keunikan dari kunjungan Bungan Desa yang dilakukan di Desa Payangan hari ini. “Bungan Desa ke 52 ini agak unik, sedikit lebih spesifik, karena saya sebelum berkantor di desa sejak pagi, saya dahului dulu dengan menginap di rumah kepala desa. Jadi dari kemarin saya nginep di rumah kepala desa, habis itu saya berkantor di Desa Payangan ini dan juga ada kunjungan-kunjungan ke beberapa tempat, khususnya melihat masyarakat yang terdampak stunting, kedua juga melihat kelompok tani jambu kristal, kelompok tani kates, baik lokal yang sangat super dan juga kates California. Luar biasa potensi desa payangan,” ujarnya saat itu.

    Baca Juga:  Sempat Tertinggi, Inflasi Tabanan Kini Terendah Bahkan Deflasi

    Pihaknya yang saat itu bersama-sama dengan jajaran menyatakan, tujuan berkantor di desa ialah juga untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat.

    “Banyak sekali pelayanan yang ada di kabupaten Tabanan seperti perijinan gratis, memberikan kacamata gratis, ngecek kesehatan gratis, membawa mobil perpustakaan untuk anak-anak, literasi membaca juga bagaimana kita melayani masyarakat di bidang pelayanan PBB, kependudukan, apa yang kami miliki di Pemkab Tabanan semuanya kami layani dari pagi sampai sore, itulah hakekatnya saya sebagai Bupati Tabanan dan kawan-kawan berkantor di Desa Payangan yang ke 52 ini bahkan nanti seluruh desa kita akan kunjungi di Tabanan,” imbuh Sanjaya.

    Baca Juga:  Pantai Yeh Gangga Masuki Musim Lobster, Nelayan Mulai Pasang Bubu

    Selaku Perbekel, I Nyoman Sudiarsa, saat itu juga menyampaikan apresiasi dari program Bupati Sanjaya dengan program ngantor di Desa.

    “Mudah-mudahkan ini bisa ditenarkan ke desa-desa lain karena hikmahnya luar biasa, apa yang menjadi permasalahan desa bisa teratasi saat Bupati Ngantor di Desa,” jelasnya.

    Pernyataannya saat itu juga mendapat tanggapan positif dari masyarakat, Ketut Pastana, Asal Br. Bunutin, yang merasa sangat terbantu dengan adanya jasa pelayanan dari Pemkab Tabanan yang dihadirkan di Desa Payangan.

    Terutama untuk pelayanan yang gratis dan cepat, pihaknya mengucapkan apresiasi dan terima kasih kepada Bupati beserta jajaran.  (m/kb)

    Back to top button