BadungSosialTokoh

Cegah Stunting, Ida Mahendra Ajak Orangtua Kawal Tumbuh Kembang Anak

    MANGUPURA, Kilasbali.com – Pj. Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Bali, drg. Ida Mahendra Jaya melakukan kegiatan “Berkunjung dan Berbagi”.

    Kali ini penyerahan bantuan serangkaian pencegahan dan penanganan stunting berlangsung di Banjar Tengah Kaler dan Banjar Tengah Kelod, Desa Gulingan, Mengwi – Badung, Jumat (5/7).

    Ida Mahendra menegaskan, “Berkunjung dan Berbagi” pada intinya merupakan gerakan stimulan untuk mengakselerasi upaya pencegahan stunting serta bertujuan untuk memantau secara langsung pelaksanaan Posyandu.

    Disampaikannya lagi, bahwa stunting dapat dicegah sedini mungkin, terutama bisa diberikan edukasi kepada remaja khususnya remaja putri yang nantinya akan hamil dan melahirkan.

    Baca Juga:  Jelang Pilkada, Polda Bali Temui Diskominfos Bali

    “Khusus bagi remaja putri, saya himbau untuk selalu terbuka membaca dan mencari informasi terkait pemenuhan gizi yang cukup untuk tubuh, sehingga saat hamil nanti kandungan atau rahim akan kuat, dan ketika janin mulai tumbuh di rahim, sebaiknya diperhatikan keperluan gizi yang dibutuhkan,” tegasnya.

    “Kepada para Bapak dan Ibu terutama yang mempunyai anak balita, agar dapat membesarkan anak, merawat anak dan mengasuh anak dengan baik supaya anak-anak sehat dan terbebas dari stunting. Terlebih stunting bisa dicegah dengan pola makan gizi seimbang tinggi protein, anak harus tidur cukup dan berkualitas dan yang terpenting jangan memberikan anak-anak balita bermain handphone di usia emasnya, karena penggunaan HP yang berlebihan bisa merusak otak anak, dan radiasinya akan merusak mata,” katanya.

    “Selain itu, hindari melakukan kekerasan pada anak, dengan kata lain anak-anak harus diberikan kasih sayang, perhatian dan pujian, agar tumbuh rasa bahagia selain memberikan stimulasi atau rangsangan pada anak seperti memijat, bernyanyi, bermain dan bercerita,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button