Tabanan

Potensi Pertanian Bunga Sedap Malam Desa Sesandan

    TABANAN, Kilasbali.com – Kunjungan Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya dalam program Bupati Ngantor di Desa atau “Bungan Desa” ke-53 di Desa Sesandan, Tabanan, Sanjaya fokus mengulas potensi unggulan pertanian bunga sedap malam yang dikelola oleh Perkebunan Kelompok Bunga Sedap Malam Sekar Harum Banjar Sekartaji, hingga meresmikan Ruas Jalan Sandan Pondok, Jumat (7/5).

     

    Bungan Desa Ke-53 tersebut dimulai dari peresmian ruas Jalan Sandan Pondok Desa Sesandan, yang didampingi oleh beberapa Anggota DPRD Tabanan, Sekda beserta para Asisten Setda, Para Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Instansi Vertikal di lingkungan Pemkab Tabanan, Para Camat Se-Kabupaten Tabanan, Forkopimcam Tabanan, Perbekel, Bendesa Adat, TP PKK Desa dan tokoh masyarakat setempat.

     

    Ruas jalan yang baru diresmikan ditandai dengan pemotongan pita secara simbolis. Ini membawa dampak signifikan bagi aksesibilitas dan konektivitas masyarakat di sekitar Desa Sesandan. “Peresmian Ruas Jalan Sandan Pondok Desa Sesandan ini merupakan bagian dari komitmen Pemerintah Kabupaten Tabanan untuk terus meningkatkan infrastruktur yang mendukung pembangunan di daerah ini,” ujar Bupati Sanjaya.

     

    Baca Juga:  Lima Pejabat Utama Polres Gianyar Digeser

    Selain meresmikan infrastruktur baru, selaku Bapak Asuh Anak Stunting, Bupati Sanjaya dan rombongan saat itu juga menunjukkan perhatiannya terhadap masalah stunting dengan mengunjungi Rumah Keluarga Stunting yakni Ni Ketut Ayu Khirani Guna Putri di Banjar Sekartaji Desa Sesandan. Di mana pihaknya memberikan bantuan paket sembako berupa beras, beras merah, mie instant, gula, minyak dan kacang hijau dan juga memberikan edukasi secara umum kepada keluarga yang dikunjungi.

     

    Lebih lanjut, Sanjaya mengajak rombongan untuk berkunjung di Perkebunan Kelompok Bunga Sedap Malam Sekar Harum Banjar Sekartaji Desa Sesandan dan panen Bunga Sedap Malam. Di sana, pihaknya tidak hanya memanen bunga tetapi juga menerangkan terkait filosofi Bunga Sedap Malam yang memiliki ragam makna dan mampu menjadi contoh dalam kehidupan sehari-hari.

     

    Menurut Bupati Sanjaya, Bunga Sedap Malam memiliki filosofi yang sangat unik. “Bunga sedap malam merupakan lambang keindahan yang menyebar dalam keheningan malam. Bunga ini mengajarkan kita untuk selalu memancarkan kebaikan, meskipun dalam kesederhanaan dan ketenangan. Ini adalah nilai yang dapat dijadikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, di mana kita senantiasa memberikan kebaikan kepada lingkungan sekitar,” jelasnya.

     

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Kesulitan Cari Investor Untuk Kelola DTW Bedugul

    Dalam wawancara singkat yang berlangsung sore itu, orang nomor satu di Tabanan, kembali menjelaskan tujuannya Berkantor di Desa yang selama ini telah berlangsung secara roadshow, dan akan mencakup 133 Desa dari 10 kecamatan di Tabanan. “Melihat Desa Sesandan ini potensinya luar biasa, saya sudah berkantor di kantor Desa, bertemu dengan tokoh-tokoh masyarakat, termasuk kelompok tani, UMKM, bahkan bapak dan ibu lansia semua saya ajak diskusi. Saya sampaikan tujuan berkantor di desa ini adalah untuk mendekatkan diri juga secara personal dan bersama mewujudkan pembangunan Tabanan,” tegasnya.

     

    Jajaran Pemkab dalam mewujudkan Tabanan Era Baru yang Aman Unggul dan Madani kepada masyarakat memberikan pelayanan gratis, seperti perpustakaan keliling, cek kesehatan gratis, pemberian KTP, fasilitas catatan sipil, termasuk pelayanan PBB dan pemberian ijin gratis langsung ke masyarakat yang dihadirkan langsung di Desa Sesandan. Tak hanya itu kedatangannya juga sekaligus memberikan SK Desa Wisata bagi Desa Sesandan.

    Baca Juga:  Pemkab Tabanan Hendak Bangun Taman Perjuangan, Ditarget Selesai Akhir 2024

     

    Bagi Sanjaya, Desa Sesandan sudah ada Pokdarwis, kelompok Desa Wisata Kabupaten Tabanan yang sangat bagus. “Saya juga sekaligus meresmikan Bumi Perkemahan, namanya Wana Harum. Jadi tempatnya luas sekali dan bagus. Jadi tidak salah, Sesandan ini semuanya bagus, termasuk pertaniannya luar biasa, sayuran ada buah-buahan juga ada, maka cocoklah Tabanan ini disebut sebagai lumbung pangannya Bali dan lumbung berasnya Bali dengan daerah yang agraris,” imbuh Sanjaya.

     

    Berkaitan dengan Bungan Desa ini, kunjungan Bapak Bupati bagi I Nengah Suarya selaku Perbekel Desa Sesandan, sudah barangtentu sesuai dengan visi, mensejajarkan program antara daerah dengan desa, karena ini merupakan program unggulan Bupati yang membangun mulai dari desa.

    “Perhatian Bapak Bupati mampu memberikan kelancaran dalam segi pelayanan, tanggapan keluhan, dan juga saran terkait masalah yang ada di desa sesuai dengan kelompok-kelompoknya. Harapan saya bersama-sama, mari membangun Desa Sesandan ini agar semakin maju ke depan,” pungkasnya. (m/kb)

    Back to top button