582 Karateka Ikuti Kejurda Inkai Dandim Tabanan Cup III

Olahraga Tabanan
Foto: Pembukaan Kejurda Karate Inkai Dandim Tabanan Cup III.

TABANAN, Kilasbali.com – Kejuaraan Daerah (Kejurda) Karate Inkai Dandim Tabanan Cup III digelar selama dua hari 28-29 Desember 2019 di Gelanggang Olahraga Debes Tabanan dan dibuka Sabtu siang (28/12/2019) oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Kabupaten Tabanan I Nyoman Putra.

Kejurda kali ini mempertandingkan beberapa kelas antara lain Kata Perorangan, Kata Beregu, Kumite Perorangan Putra dan Putri. Kategori kelas/umur yaitu Pra Usia Dini 8 tahun, Senior/18 tahun ke atas. Peserta sebanyak 582 orang atlet yang berasal dari sembilan Kabupaten/Kota di Provinsi Bali.

Rangkaian kegiatan upacara pembukaan diawali dengan penampilan Tari Bungan Sandat Serasi, menyanyikan lagu Indonesia Raya, lagu Mars Inkai serta pembacaan janji wasit dan atlet.

Dalam Sambutan Bupati Tabanan yang dibacakan Kadisdikpora Kabupaten Tabanan mengatakan Kejuaran Daerah Inkai ini bertujuan untuk membentuk karakter sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan mencari bibit atlet yang dapat membawa nama Bali ke kancah nasional maupun internasional.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih kepada Inkai Tabanan yang mampu membawa nama Tabanan meraih prestasi pada ajang Porprov tahun ini, kepada para atlet agar berlomba meraih prestasi dengan baik dan bertanding secara sportif,” ungkapnya.

Sedangkan Ketua Cabang Inkai Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mencari bibit agar mampu menyuarakan bakat-bakatnya di bidang Karate, khususnya Inkai di Bali.

“Saya berpesan kepada panitia dan wasit, tolong ajarkan adik-adik kita dan anak-anak kita untuk bertanding secara sportif demi kemajuan Inkai di Bali, sehingga dapat melahirkan atlet-atlet masa depan untuk membawa nama baik Bali di tingkat nasional,” tegas Letkol Toni.

Pembukaan Kejurda ini semakin menarik karena dimeriahkan dengan penampilan Tari Okokan, dan seni Tektekan.

Sejumlah undangan hadir pada kegiatan tersebut diantaranya Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Ketua Forki Tabanan I Gusti Made Aryantha Putra, Wakapolres Tabanan Kompol Ni Made Sukerti, Para Dewan Juri Inkai serta Para Ofisial dari masing-masing Cabang Inkai Kabupaten se Bali. (jus/kb)