Air Irigasi Meluap, Jalan Objek Wisata Goa Garba Berlubang

Gianyar Peristiwa
Foto : Pertigaan Nanjar Taman, Bedulu menuju Semabaung, Pura Samuan Tiga, dan Objek Wisata Goa Garba rusak akibat sumbatan endapan dan sampah.

GIANYAR, Kilasbali.com – Warga mengeluhkan kondisi saluran irigasi di Banjar Taman, di pertigaan menuju ke Pura Samuan Tiga, Bedulu. Pasalnya, saat hujan turun pada Selasa (26/11/2019) malam menyebabkan air meluap hingga menutupi jalan.

Kondisi itupun menyebabkan pemandangan tak sedap, lantaran jalur ini adalah jalan salah satu jalan menuju objek wisata Goa Garba dan sejumlah objek wisata lainnya di Desa Pejeng Kangin Tampaksiring.

Kelian Banjar Taman, Nyoman Leko mengakui jika saluran irigasi tersebut sudah mengalami kerusakan lebih dari setahun lalu.

Dikatakannya, pada saluran tersebut pernah dilakukan perbaikan, namun hanya pengerukan endapan dan termasuk sampah plastik. “Saat hujan turun semalam, saluran tersebut tersumbat,” katanya, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, akibat tersumbat dan air meluap ke jalan, suplai air ke subak di wilayah Semebaung mengecil. Selain itu, genangan air juga menyebabkan jalan menjadi berlubang.

“Saya harap ada perbaikan dengan memperbesar gotrong-gorong saluran irigasi yang menuju ke arah Pura Samuan Tiga,” harapnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Gianyar Wayan Karya mengakui adanya kerusakan jalan tersebut. Pihaknya juga telah menurunkan tim survey untuk menilai tingkat kerusakan. Dikatakannya, saluran irigasi tersebut segera diperbaiki dengan memperbesar volume saluran, sehingga tidak tersumbat lagi.

Dikatakannya, pihaknya akan memasang U-ditch untuk mepercepat pengerjaan perbaikan. “Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Minggu ini kami akan kerjakan, ” singkatnya. (ina/kb)