Aliansi Rakyat Bali Gelar Aksi, Tuntut Hentikan Pelemahan KPK

Denpasar
Aliansi Rakyat Bali Gelar Aksi, Tuntut Hentikan Pelemahan KPK

DENPASAR, Kilasbali.com – Puluhan massa yang menamakan diri Aliansi Rakyat Bali, menggelar aksi damai di Lapangan Timur Bajra Sandi Denpasar, Kamis (10/6/2021).
Salah satu tuntutan aksi massa ini adalah bangun sistem pembuktian terbalik terhadap kasus-kasus korupsi.

Koordinator aksi Jonathan Kevin mengatakan masalah pokok kebangsaan adalah korupsi. Mereka melihat saat ini ada pelemahan terhadap lembaga independen yang menangani korupsi yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

“Kalau kami menyebutnya pelanggengan perilaku korup. Dimulai dari revisi Undang-undang KPK. Bahkan di masa pandemi dana bansos dikorupsi,” sebutnya.

Baca Juga:  Lomba Tembak Pistol Eksekutif, Wagub Cok Ace Unjuk Kebolehan

Kevin menyebut aksi ini tujuannya adalah menyuarakan kepada masyarakat bahwasanya korupsi adalah salah satu masalah pokok bangsa. Masyarakat juga diminta agar ikut berperan aktif dalam memberantas korupsi.

Adapun tuntutan aksi massa ini adalah tuntaskan kasus korupsi tanpa tebang pilih, hentikan pelemahan KPK dan hentikan revisi UU KPK, hilangkan hak politik para koruptor, dan bangun sistem pembuktian terbalik terhadap kasus-kasus korupsi.

Ia menambahkan dalam situasi pandemi, peserta aksi juga mematuhi aturan yang berlaku yakni massa hanya berjumlah 20 orang, dan melakukan rapid test di lapangan yang telah difasilitasi oleh Polresta Denpasar.

Baca Juga:  Harap Pariwisata Dibuka, Putri Koster Ajak Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Prokes Yakinkan Internasional

Aksi massa diisi orasi dan juga pembagian bunga mawar oleh peserta aksi kepada para pengendara yang melintas.(sgt/kb)