Anggaran Pilkada Jembrana Rp 27 M

Jembrana
Foto; Penetapan anggaran Pilkada Jembrana di Ruang Rapat Sekretaris Daerha (Sekda) Jembrana, Senin (5/8/2019).

JEMBRANA, Kilasbali.com – Setelah dilakukan rasionalisasi, akhirnya anggaran yang digelontorkan untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) Bupati dan Wakil Bupati Jembrana tahun 2020 senilai Rp 27 Milyar lebih. Di mana anggaran tersebut direalisasikan dengan mekanisme hibah kepada penyelenggara pemilu, yakni KPU, Bawaslu, serta Polres Jembrana dan Kodim 1617/Jembrana.

Penetapan anggaran Pilkada Jembrana tersebut terungkap saat pertemuan bersama instansi terkait berkenaan dengan anggaran Pilkada Jembrana di Ruang Rapat Sekretaris Daerha (Sekda) Jembrana, Senin (5/8/2019).

Dalam rapat yang dihadiri Komisioner dan Sekretariat KPU, Ketua Bawaslu Kabupaten Jembrana, Polres Jembrana, Kodim 1617/Jembrana dan OPD terkait tersebut terungkap untuk anggaran Pilkada Jembrana telah disepakati total anggaran senilai Rp 27.866.714.000. Anggaran pelaksanaan Pilkada Jembrana tersebut dialokasikan pada APBD Induk Kabupaten Jembrana 2020.

Sekda Jembrana, I Made Sudiada mengakui anggaran tersebut ditetapkan setalah dilakukan beberapakali pembahasan serta rasionalisasi. “Total secara keseluruhan  kita siapkan di anggaran induk sebesar Rp 27 miliar untuk Pilkada. Hal ini setelah melalui pembahasan bersama instansi pelaksana serta  penggodokan anggaran oleh Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD)   Jembrana,” ujarnya.

Sekda menambahkan, anggaran tersebut akan diserahkan melalui mekanisme hibah untuk penggunaan di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jembrana, Bawaslu Jembrana  serta TNI dan Polri.

Menurutnya penetapan anggaran ini sudah final dengan estimasi ada lima pasangan calon yang turut serta. “Intinya secara anggaran kami siap untuk pilkada Jembrana 2020 nanti,“ terang Sudiada.

Sementara Bupati Jembrana, I Putu Artha menyatakan dengan ditetapkannya anggaran Pilkada Jembrana tersebut, berbagai tahapan pemilu diharapkan bisa dikerjakan dan berlangsung lancar sesuai tahapan, termasuk situasi keamanan di Jembrana diharapkannya bisa tetap kondusif.

“Semoga Pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2020 terutama di Kabupaten Jembrana nanti  bisa berjalan lancar, baik, kondusif dan aman,” katanya seraya berharap, segala permasalahan yang terjadi di lapangan bisa diselesaikan bersama dengan komunikasi yang baik antar instansi terkait.

Adapun rincian penggelontoran anngaran Pilkada Jembrana tersebu, yakni Rp 18,5 miliar untuk KPU Jembrana, Rp 4,5  miliar untuk Polres Jembrana  Rp 4,3 milar untuk Bawaslu Jembrana serta Rp.450 juta untuk Kodim Jembrana. (gus/kb)